Zion Suzuki, Kiper Jepang yang Viral Disamakan dengan Onana

Nama kiper Zion Suzuki viral media sosial jelang duel krusial Jepang vs Indonesia pada laga terakhir Grup D Piala Asia 2023. Berikut profil Zion Suzuki.


Jakarta, CNN Indonesia

Nama kiper Zion Suzuki viral media sosial jelang duel krusial Jepang vs Indonesia pada laga terakhir Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Al Thumama, Doha, Rabu (24/1). Berikut profil Zion Suzuki.

Secara perawakan, Zion Suzuki sangat berbeda jauh dengan pemain timnas Jepang lainnya. Hal itu dikarenakan Suzuki terlahir dari ibu asal Ghana dan ayah dari Jepang. Suzuki lahir di Arkansas, Amerika Serikat, pada 21 Agustus 2002.

Meski lahir di Amerika Serikat, Suzuki tumbuh besar di Urawa, Saitama, Jepang. Karier sepak bola Suzuki dimulai Urawa Reds pada 2009 ketika bergabung dengan tim muda.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Di usia 16 tahun dan 5 bulan, Suzuki menandatangani kontrak profesional bersama Urawa Reds. Kiper dengan tinggi 190 cm itu menjadi pemain termuda dalam sejarah Urawa Reds yang menandatangani kontrak dengan klub tersebut.

Debut Zion Suzuki bersama Urawa Reds terjadi pada Mei 2021 melawan Vegalta Sendai. Tiga laga beruntun Suzuki sukses melakukan clean sheet bersama Urawa Reds.

Suzuki langsung meraih banyak sukses bersama Urawa Reds. Kiper 21 tahun itu merebut gelar Liga Champions Asia 2022, Piala Emperor 2021 dan Piala Super Jepang 2022.

Di level sepak bola internasional, Suzuki memperkuat timnas Jepang level usia muda mulai U-15 hingga U-23. Meski bisa memperkuat timnas Ghana dan Amerika Serikat, Zion Suzuki akhirnya memilih memperkuat timnas Jepang.

Debut Suzuki bersama timnas Jepang terjadi pada 19 Juli 2022 ketika melawan Hong Kong di Piala EAFF. Pelatih Hajime Moriyasu kemudian mempercayai Suzuki sebagai kiper utama timnas Jepang di Piala Asia 2023, unggul atas Daiya Maekawa dan Taishi Brandon Nozawa.

Sayang, performa Zion Suzuki di Piala Asia 2023 jauh dari meyakinkan. Suzuki dianggap melakukan blunder saat Jepang mengalahkan Vietnam 4-2 di laga pertama Grup D. Gol kedua Vietnam Pham Tuan Hai berawal dari blunder Suzuki.

Kemudian saat Jepang dikalahkan Irak 1-2, Suzuki melakukan kesalahan yang berujung gol pertama lawan yang dicetak Aymen Hussein.

Setelah dua blunder beruntun dilakukan Zion Suzuki, meme yang menyindir kiper timnas Jepang itu banyak beredar di media sosial. Salah satu meme adalah menyamakan Suzuki dengan kiper Manchester United Andre Onana yang sering melakukan blunder musim ini.

Menariknya, Zion Suzuki mengaku pernah menolak tawaran Manchester United untuk bergabung musim ini. Suzuki mengatakan tidak ingin hanya menjadi cadangan setelah MU merekrut Onana dari Ajax Amsterdam.

“Impian saya adalah bermain di Premier League. Memang benar saya mendapat tawaran dari Manchester United, tapi MU sudah merekrut Onana musim ini, jadi saya ingin bermain di level di mana saya bisa bermain,” kata Suzuki ketika itu.

[Gambas:Video CNN]

(har)




Sumber: www.cnnindonesia.com