Yakob Sayuri Starter di Lini Depan

Timnas Indonesia diminta fokus mengincar finis posisi tiga Grup D Piala Asia 2023 demi bisa lolos ke 16 besar usai kekalahan 0-5 dari Iran di laga uji coba.


Jakarta, CNN Indonesia

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong membuat kejutan dengan menempatkan Yakob Sayuri di lini depan melawan Irak pada laga Grup D Piala Asia 2023, Senin (15/1).

Pemain PSM Makassar ini akan bermain di lini serang, sebagai winger. Ini bukan kali pertama Shin memasang Yakob sebagai pemain yang membantu sisi penyerangan.

Yakob yang mulanya seorang bek sayap kanan dikonstruksi Shin menjadi winger dalam laga uji coba melawan Curacao. Setelah itu posisi winger masih sering diperankan Yakob.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Saat Yakob absen karena cedera, posisi ini lebih banyak diisi Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, atau Saddil Ramdani. Bahkan Dendy Sulistyawan juga pernah mengisi pos ini.

Saat uji coba melawan Libya pada 2 Januari, Yakob berperan sebagai bek sayap. Kemudian posisi ini diisi Witan pada babak kedua. Ini seperti isyarat ia bakal balik jadi bek sayap.

Apalagi Yakob mencetak satu gol ke gawang Libya pada 5 Januari saat bermain sebagai bek sayap. Posisi ini jadi miliknya karena Asnawi Mangkualam sedang pemulihan cedera.

Tak dinyana kini Yakob ditempatkan Shin sebagai winger. Pemain asal Papua ini akan mendampingi Rafael Struick sebagai ujung tombak. Dalam laga ini Asnawi sudah bisa main.

Bisa dibilang keputusan Shin memilih Yakob karena dua kekuatan. Ia terbilang pemain yang eksplosif, tetapi juga merupakan pemain yang sama kuatnya saat bertahan.

Untuk melawan Irak, Indonesia butuh pemain yang punya kecepatan lari untuk serangan balik, namun juga kuat dalam bertahan ketika dikurung lawan. STY buat kejutan starter lagi.

Susunan Pemain Indonesia vs Irak

Timnas Indonesia (3-5-2): Ernando Ari (PG); Rizky Ridho, Jordi Amat, Elkan Baggott; Asnawi Mangkualam, Ivar Jenner, Justin Hubner, Marselino Ferdinan, Pratama Arhan; Yakob Sayuri, Rafael Struick

[Gambas:Video CNN]

(abs/jal)




Sumber: www.cnnindonesia.com