Wajah Toleransi di Turki, Timnas Indonesia Salat Jumat di Teras Gereja

Wajah toleransi di Turki langsung terasa saat penggawa Timnas Indonesia melaksanakan slat Jumat di depan teras gereja di Antalya.


Jakarta, CNN Indonesia

Pemandangan tak biasa terjadi saat penggawa Timnas Indonesia melakukan salat Jumat di Turki. Asnawi Mangkualam dkk melaksanakan salat di depan teras gereja di Antalya.

Di sela-sela kesibukan masa pemusatan latihan (TC) untuk persiapan Piala Asia 2023, Timnas Indonesia tetap menjalani salat Jumat berjamaah pada Jumat (22/12).

Skuad Garuda beribadah di masjid yang berada di kompleks Garden of Tolerance, Belek, Antalya, Turki. Masjid itu berada tak jauh dari hotel tempat mereka menginap, sekitar delapan menit menggunakan bus.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Garden of Tolerance merupakan satu kompleks tempat ibadah berbagai agama di Turki, seperti Islam, Kristen, dan Yahudi. Karena itu, bangunan masjid, gereja Kristen dan Yahudi berdiri berdampingan.

Para pemain Indonesia memilih salat Jumat di depan teras gereja karena jemaah yang membludak hingga ke luar masjid. Para jemaah salat Jumat menggelar tikar dan sajadah di depan teras gereja.

Seluruh pemain Timnas Indonesia yang beragama Islam, termasuk pelatih dan ofisial, menjalankan salat Jumat berjamaah yang dimulai pukul 13.00 waktu setempat.




Penggawa Timnas Indonesia melaksanakan salat Jumat di depan teras gereja di kompleks Garden of Tolerance, Belek, Antalya, Turki, Jumat (22/12). (Dok. PSSI)

Usai salat Jumat seluruh pemain kembali ke hotel untuk melakukan peregangan dan relaksasi karena sebelumnya mereka menjalani latihan gym di pagi hari.

Pada sore hari penggawa Garuda kembali menjalani latihan di lapangan yang berada di sisi hotel tempat mereka menginap, yakni Hotel Titanic Golf Deluxe Belek, Antalya, Turki.




Penggawa Timnas Indonesia melaksanakan salat Jumat di depan teras gereja di kompleks Garden of Tolerance, Belek, Antalya, Turki, Jumat (22/12). (Dok. PSSI)Penggawa Timnas Indonesia melaksanakan salat Jumat di depan teras gereja di kompleks Garden of Tolerance, Belek, Antalya, Turki, Jumat (22/12). (Dok. PSSI)

TC di Turki merupakan bagian dari persiapan akhir Timnas Indonesia jelang mentas di Piala Asia 2023 (2024) yang dihelat di Qatar.

Tim arahan Shin Tae Yong mengawali perjuangan mereka di Grup D Piala Asia 2023 menghadapi Irak pada 15 Januari 2024.

[Gambas:Video CNN]

(jun)



Sumber: www.cnnindonesia.com