Vietnam vs Indonesia: Laga Hidup-Mati Garuda

Timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam pada pertandingan krusial di Piala Asia 2023, Jumat (19/1) mendatang.

Jakarta, CNN Indonesia

Timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam pada laga kedua babak penyisihan Grup D Piala Asia 2023, Jumat (19/1) mendatang. Indonesia tidak punya pilihan selain menang, atau bakal tersingkir jika kembali kalah.

Jalan terjal harus dihadapi Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan di panggung tertinggi Asia. Laga pembuka Piala Asia 2023 berbuah kekalahan 1-3 dari Irak.

Itu jadi kali pertama Indonesia kalah di laga pembuka Piala Asia. Dari empat edisi yang pernah dijalani (1996, 2000, 2004, dan 2006), partai perdana minimal berakhir imbang bahkan mampu menang.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kekalahan patut jadi pelajaran penting. Ini jadi indikasi bahwa masih ada kekurangan yang perlu diperbaiki di laga selanjutnya.

Melawan Vietnam bisa dibilang jadi satu-satunya cara Timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar. Sebab jika kembali kalah, maka pintu menuju fase gugur hampir dipastikan tertutup karena bakal melawan Jepang di laga pemungkas.

Tanpa mengerdilkan kualitas Indonesia, di atas kertas memang kualitas Jepang masih jauh mengungguli skuad Garuda. Karena itu mengincar kemenangan lawan Vietnam adalah langkah paling realistis.

Jika menang, otomatis tiga poin jadi milik Indonesia. Itu bisa menjaga peluang lolos babak 16 besar sekaligus membekali motivasi lawan Jepang.

Namun jika kalah, kemungkinan besar harapan Indonesia memenuhi target lolos 16 besar bisa pupus. Buruknya lagi, skuad Garuda berkemungkinan pulang ke Tanah Air dengan tangan hampa, tanpa kemenangan bahkan poin.

Hal ini tentu tidak diinginkan jika melihat ambisi besar Shin Tae Yong untuk membuat sepak bola Indonesia naik kelas.

Baca kelanjutan berita ini di halaman berikutnya>>>




Sumber: www.cnnindonesia.com