Troussier Kembali Kalah dari Indonesia, Dipecat Lagi?

Pengalaman panjang Philippe Troussier sebagai pelatih di dunia sepak bola internasional seakan tak berbekas saat Vietnam dikalahkan Timnas Indonesia.


Jakarta, CNN Indonesia

Pengalaman panjang Philippe Troussier sebagai pelatih di dunia sepak bola internasional seakan tak berbekas saat Vietnam dikalahkan Timnas Indonesia. Akankah pemecatan kembali menghampiri Troussier?

Vietnam yang diasuh Troussier takluk 0-1 dari Indonesia di Piala Asia 2023 pada Jumat (19/1) malam. Satu-satunya gol Indonesia dicetak Asnawi Mangkualam lewat penalti pada menit ke-42.

Ini adalah kekalahan ketiga Troussier saat menghadapi Indonesia. Nahasnya, kekalahan ini membuat Vietnam dipastikan gagal melaju ke babak 16 besar, meski masih ada satu laga tersisa.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sebelumnya saat menangani Timnas Vietnam U-22 di SEA Games 2023, Troussier juga mengalami nasib nahas. Pasalnya Indonesia U-23 yang diarsiteki Indra Sjafri melumat Vietnam dengan skor 3-2.

Namun, salah satu kekalahan dari Indonesia yang paling dikenang pelatih asal Prancis ini adalah insiden di Piala Asia 2004. Ketika itu kekalahan dari Indonesia berbuah pemecatan.

Pada 18 Juli 2004 di Stadion Workers, Beijing, China, Qatar takluk 1-2 dari Indonesia. Saat itu Qatar ditangani Troussier yang baru didatangkan pada 1 Januari 2004.

Dua gol Indonesia pada pertandingan tersebut dilesakkan Budi Sudarsono (menit ke-26) dan Ponaryo Astaman (48). Adapun gol Qatar diciptakan Magid Mohamed (83).

Dua hari setelah kekalahan tersebut atau menjelang laga melawan Bahrain, Troussier dipecat. Namanya sudah tidak tercantum sebagai pelatih dalam laga Qatar pada 21 Juli 2004.

Hal sama berpotensi dialami Troussier lagi. Pelatih 68 tahun ini membuat Vietnam tersingkir cepat dari Piala Asia 2023. Pahitnya, kekalahan itu tercipta saat melawan Indonesia.

Pasalnya Vietnam tak pernah kalah dari Indonesia sejak semifinal Piala AFF 2016. Setelah kekalahan 1-2 di Bogor pada 3 Desember 2016, Vietnam baru kalah lagi pada 19 Januari 2024.

[Gambas:Video CNN]

(abs/har)




Sumber: www.cnnindonesia.com