Top Skor Indonesia di Piala Asia: 4 Legenda di Puncak

Tidak banyak pemain Timnas Indonesia yang bisa mencatatkan nama di papan skor Piala Asia. Berikut top skor Indonesia di Piala Asia.


Jakarta, CNN Indonesia

Tidak banyak pemain Timnas Indonesia yang bisa mencatatkan nama di papan skor Piala Asia. Berikut top skor Indonesia di Piala Asia.

Indonesia sudah empat kali ikut Piala Asia pada 1996, 2000, 2004, dan 2007. Alhasil Piala Asia 2023 adalah kali kelima skuad Garuda berpentas.

Dari empat kali kehadirannya, hanya di Piala Asia 2000 tak ada gol dari Timnas Indonesia. Sedangkan tiga edisi lainnya wakil Merah Putih selalu menjebol gawang lawan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ada total 10 gol dari tiga edisi Piala Asia yang diikuti Indonesia. Ada empat pemain yang sudah mencetak dua gol sekaligus jadi top skor Timnas Indonesia di Piala Asia.

Empat pemain yang telah mencetak dua gol di Piala Asia adalah Widodo Cahyono Putro, Rony Wabia, Budi Sudarsono, dan Elie Aiboy. Dari nama-nama tersebut, hanya Budi Sudarsono dan Elie Aiboy yang pernah mencetak gol di dua edisi Piala Asia berbeda.

Sedangkan Widodo Cahyono Putro dan Ronny Wabia adalah dua pemain yang mencetak dua gol dalam satu jilid Piala Asia.

Widodo dan Rony Wabia mencetak dua gol mereka saat melawan Kuwait dan Korea Selatan di Piala Asia 1996. Gol Widodo ke gawang Kuwait yang tercipta lewat tendangan salto disebut sebagai salah satu gol terbaik dalam sejarah Piala Asia.

Lalu ada dua pemain yang masing-masing mencetak satu gol di Piala Asia. Mereka adalah Bambang Pamungkas dan Ponaryo Astaman. Satu-satunya gol Bambang di Piala Asia tercipta pada edisi 2007, ketika menjadi penentu kemenangan 2-1 Indonesia atas Bahrain.

Dalam sejarah keikutsertaan di Piala Asia, Timnas Indonesia tidak pernah melaju lebih jauh selain di fase grup atau putaran pertama. Karena itu Piala Asia 2023 bisa jadi sejarah tersendiri jika mampu lolos ke fase gugur.

Timnas Indonesia bergabung di Grup D bersama Jepang, Vietnam, dan Irak. Tim besutan Shin Tae Yong akan mengawali perjuangan melawan Irak pada Senin (15/1) pukul 21.30 WIB.

Top skor Indonesia di Piala Asia

2 gol: Widodo C. Putro, Rony Wabia, Budi Sudarsono, Elie Aiboy

1 gol: Bambang Pamungkas, Ponaryo Astaman

[Gambas:Video CNN]

(ikw/har)




Sumber: www.cnnindonesia.com