Timnas Korea Selatan Dijuluki Tim Zombie, Kenapa?

Timnas Korea Selatan mendapat julukan Tim Zombie usai melangkah ke semifinal Piala Asia 2023. Kenapa tim asuhan Jurgen Klinsmann itu dijuluki Tim Zombie?


Jakarta, CNN Indonesia

Timnas Korea Selatan mendapat julukan Tim Zombie usai melangkah ke semifinal Piala Asia 2023. Kenapa tim asuhan Jurgen Klinsmann itu dijuluki Tim Zombie?

Korea Selatan lolos ke semifinal Piala Asia 2023 setelah menang dramatis 2-1 atas Australia di Stadion Al Janoub, Al Wakrah, Jumat (2/1).

Sempat tertinggal satu gol lewat Craig Goodwin di babak pertama, Korea baru mampu menyamakan kedudukan lewat penalti Hwang Hee Chan saat injury time babak kedua berjalan enam menit. Korea Selatan akhirnya memastikan kemenangan 2-1 lewat gol tendangan bebas Son Heung Min pada menit ke-104 di babak tambahan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ini adalah kali keempat beruntun timnas Korea mencetak gol menit-menit akhir untuk meraih hasil dramatis. Sebelumnya di babak 16 besar melawan Arab Saudi, Cho Gue Sung mencetak gol saat injury time babak kedua untuk menyamakan kedudukan 1-1. Korea akhirnya menang adu penalti.

Sebelumnya di fase grup, Korea juga mencetak gol injury time saat ditahan imbang Malaysia 3-3 dan ditahan imbang Yordania 2-2.

Dikutip dari ESPN, timnas Korea Selatan kemudian mendapat julukan Tim Zombie dari fans mereka. Julukan itu didapat setelah Son Heung Min dan kawan-kawan tidak pernah menyerah hingga menit akhir pertandingan untuk meraih kemenangan.

“Julukan apapun saya bisa menerimanya,” ujar Klinsmann merespons julukan Tim Zombie usai Korea mengalahkan Australia.

Fans timnas Korea Selatan berharap julukan Tim Zombie bisa memotivasi para pemain untuk mengakhiri 64 tahun paceklik gelar Korea di ajang Piala Asia.

“Bermain 120 menit itu tidak mudah. Itu menyakitkan dan sulit. Tapi semangat yang ditunjukkan para pemain membuat kami bersatu. Ini soal mentalitas dan apa yang pemain pikirkan. Jika Anda bermain untuk negara, maka tidak ada alasan untuk memberikan segalanya,” ucap Klinsmann.

Di babak semifinal Piala Asia 2023, Selasa (6/2), Korea Selatan akan ditantang Yordania yang menang 1-0 atas Tajikistan di perempat final.

[Gambas:Video CNN]

(har)



Sumber: www.cnnindonesia.com