Sempat Ketinggalan, Jepang Gebuk Vietnam

Jepang mengalahkan Vietnam pada laga fase grup Piala Asia 2023 (2024) di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Minggu (14/1) malam waktu Indonesia.


Jakarta, CNN Indonesia

Jepang mengalahkan Vietnam pada laga fase grup Piala Asia 2023 (2024) di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Minggu (14/1) malam waktu Indonesia.

Tim Samurai Biru tidak langsung menunjukkan serangan yang gencar ketika bertemu skuad The Golden Star. Kendati demikian, Jepang memimpin 1-0 ketika laga berjalan 11 menit.

Diawali dari skema sepak pojok, terjadi huru-hara di kotak penalti Vietnam. Bola liar dimanfaatkan dengan baik oleh Takumi Minamino. Jepang memimpin 1-0.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tak butuh waktu lama, Vietnam bisa membalas. Skor berubah menjadi 1-1 setelah sundulan Nguyen Dinh Bac yang menyambar bola sepak sudut dari Do Hung Dung bersarang di gawang Zion Suzuki.

Jepang berusaha merespons kebobolan yang terbilang mengejutkan tersebut. Serangan Jepang yang kurang menggigit bisa diredam Vietnam yang dikomando Phan Tuan Tai di lini belakang.

Vietnam justru berbalik unggul pada menit ke-33. Bermula dari pelanggaran Yukinari Sugawara, tendangan bebas Phan Tuan Tai dari area tengah lapangan kemudian disundul Bui Hoang Vietn Anh ke dekat gawang. Suzuki bisa menepis bola, namun Pham Tuan Hai bisa menyambarnya dan membuat skor menjadi 2-1 untuk anak asuh Philippe Troussier.

Setelah tertinggal, Jepang berusaha lebih keras untuk membobol gawang Vietnam. Barisan pertahanan Vietnam yang cukup solid sempat menyulitkan upaya Jepang.

Pada menit ke-45, Minamino melepas tembakan setelah menerima umpan dari Wataru Endo. Bola tak bisa diamankan Filip Nguyen, dan skor menjadi 2-2.

Berselang empat menit kemudian Jepang mencetak gol ketiga melalui sepakan yang akurat dari Keito Nakamura. Bola yang melesat ke arah gawang tak dapat dijangkau Filip Nguyen.

Pada babak kedua Jepang berusaha tampil lebih greget. Kendati tempo tak benar-benar meningkat, Jepang tampak mencoba lebih sering mendekatkan diri ke pertahanan Vietnam.

Minamino, Nakamura, Junya Ito, Ayase Ueda, dan Hidemasa Morita sempat memiliki peluang. Filip Nguyen punya peranan besar menghindarkan Vietnam dari kebobolan.

Sementara Vietnam masih belum bisa memaksimakan situasi open play, di sisi lain Jepang bermain bertahan lebih rapi tanpa membuat pelanggaran yang bisa dimanfaatkan menjadi bola mati oleh lawan seperti pada dua gol pada babak pertama.

Ueda menetak gol keempat bagi Jepang pada menit ke-85. Dengan penyelesaian yang tenang, Ueda menuntaskan kerja sama yang sebelumnya digalang Takefusa Kubo dan Ritsu Doan.

Susunan Pemain Inti Jepang vs Vietnam:

Jepang:
Suzuki; Ito, Taniguchi, Itakura, Sugawara; Morita, Endo, Nakamura, Minamino, Ito; Hosoya

Vietnam:
Filip Nguyen; Phan Tuan Tai, Bui Hoang Viet Anh, Nguyen Thanh Binh; Vo Minh Trong, Nguyen Tuan Anh, Nguyen Thai Son, Pham Xuan Manh; Do Hung Dung; Pham Thuan hai, Nguyen Dinh Bac

(nva/nva)



Sumber: www.cnnindonesia.com