Ronaldo Kecam Ballon d’Or: Disebut Kehilangan Kredibilitas

Cristiano Ronaldo dibuat repot seorang fans saat meminta berfoto usai menghajar Karim Benzema dan kawan-kawan 5-2 pada pekan ke-17 Liga Pro Arab Saudi.


Jakarta, CNN Indonesia

Cristiano Ronaldo memberikan kritik tajam terhadap penghargaan Ballon d’Or dan The Best FIFA yang dianggap kehilangan krediblitas.

Ballon d’Or 2023 dan The Best FIFA 2023 diberikan kepada kapten timnas Argentina Lionel Messi. Dua penghargaan itu jadi kontroversial lantaran Messi minim prestasi pada 2023.

Kendati demikian Ronaldo menegaskan kritik itu bukan karena tidak setuju Messi meraih dua penghargaan tersebut.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Ballon d’Or dan The Best kehilangan kredibilitas. Angka adalah kenyataan,” ujar Ronaldo dikutip dari Sport Illustrated.

“Kita harus menganalisis keseluruhan musim. Ini tidak berarti bahwa Messi tidak pantas mendapatkan penghargaan tersebut, atau Haaland atau bahkan Mbappe. Saya tidak lagi percaya pada penghargaan tersebut,” ucap Ronaldo menambahkan.

Selama kalender 2023 Lionel Messi tercatat hanya memenangkan Liga Prancis bersama Paris Saint-Germain dan Piala Liga 2023 bersama Inter Miami. Messi bahkan gagal membawa Miami lolos ke babak playoff Major League Soccer (MLS).

Dalam dua penghargaan bergengsi tersebut, La Pulga mengalahkan striker Manchester City Erling Haaland yang meraih treble winner: Liga Inggris, Piala FA, dan Liga Champions, serta bintang PSG Kylian Mbappe.

Salah satu kontroversi yang muncul adalah, Messi dianggap layak memenangkan Ballon d’Or dan The Best karena juara Piala Dunia 2022 bersama Argentina.

Akan tetapi melihat kriteria pemilihan pemenang Ballon d’Or dan The Best 2023, Messi masih layak memenangkan penghargaan itu.

Ballon d’Or 2023 diukur dari penampilan sejak 1 Agustus 2022 hingg 31 Juli 2023, sedangkan The Best FIFA 2023 sejak 19 Desember 2022 hingga 20 Agustus 2023.

[Gambas:Video CNN]

(sry)



Sumber: www.cnnindonesia.com