Respons STY Soal Peluang Rombak Tim Inti di Indonesia vs Australia

Timnas Indonesia memiliki tiga hitung-hitungan untuk bisa lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 usai dikalahkan Jepang 1-3.


Jakarta, CNN Indonesia

Shin Tae Yong menjawab pertanyaan soal perombakan komposisi tim jelang duel Timnas Indonesia vs Australia di laga 16 besar Piala Asia, Minggu (28/1).

Timnas Indonesia akan menghadapi laga penting lawan Australia di babak 16 besar Piala Asia. Seiring turnamen sudah melalui tiga laga, energi pemain di tiap tim tentu mulai terkuras.

Dalam sesi konferensi pers, Shin Tae Yong lalu menghadapi pertanyaan soal peluang memainkan pemain-pemain yang belum banyak bermain di laga lawan Australia. Shin Tae Yong secara terbuka lalu menyatakan bahwa jumlah 26 pemain dalam satu tim itu tetap dibatasi oleh aturan maksimal pergantian pemain.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Shin Tae Yong secara tersirat juga menyatakan komposisi tim kemungkinan besar tidak akan banyak berubah karena sulit bagi pemain yang masih minim menit bermain turun lawan Australia.

“Meski kami membawa 26 pemain, tapi pemain yang sebenarnya bisa main hanya 16 pemain [maksimal lima pemain cadangan turun bermain]. Ini situasi yang mirip dengan tim lain. Sebagian besar pemain seperti itu.”

“Kemungkinan pemain yang bakal main, meski belum main [di laga sebelumnya], tidak mudah untuk pemain itu untuk bermain lawan Australia,” ucap Shin Tae Yong.

Dari tiga laga yang telah dijalani, gambaran komposisi ideal Timnas Indonesia di mata Shin Tae Yong sudah bisa dibaca. Bila ada pergantian pemain di tim inti, kemungkinan hanya dalam skala kecil berdasarkan pengamatan kondisi pemain di saat akhir.

Timnas Indonesia untuk kali pertama lolos ke babak 16 besar Piala Asia. Skuad Garuda punya peluang untuk terus melaju jauh di turnamen ini.

“Pertandingan besok tidak akan mudah bagi kami terutama Australia adalah salah satu yang terkuat di asia. Mereka punya kekuatan dan aspek yang dimiliki Australia sekarang sangat kuat.”

“Tapi kami punya persiapan yang baik dan energi yang baik dari pemain muda. Semoga hasilnya besok baik,” tutur Shin Tae Yong.

[Gambas:Video CNN]

(ptr)




Sumber: www.cnnindonesia.com