Qatar Singkirkan Uzbekistan Lewat Adu Penalti Dramatis

Qatar lolos ke babak semifinal Piala Asia 2023 setelah mengalahkan Uzbekistan lewat drama adu penalti dengan skor 3-2 (1-1).


Jakarta, CNN Indonesia

Tuan rumah Qatar lolos ke babak semifinal Piala Asia 2023 setelah mengalahkan Uzbekistan lewat drama adu penalti dengan skor 3-2 (1-1) pada babak perempat final di Stadion Al Bayt, Al Khor, Minggu (4/2) dini hari WIB.

Qatar bisa membuka keunggulan lebih dulu atas Uzbekistan pada menit ke-27. Gol ini tercipta karena blunder kiper Utkir Yusupov.

Yusupov salah mengantisipasi bola yang diumpan kapten Qatar, Hasan Al Haydos dari sisi kanan. Upaya Yusupov menangkap bola justru membuat bola masuk ke gawang Uzbekistan dan skor berubah jadi 0-1 pada menit ke-27.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pemain belakang Qatar, Mohammed Waad melakukan blok mengesankan untuk menggagalkan peluang Uzbekistan mencetak gol pada menit ke-36. Sembari menjatuhkan diri, Waad menghalau bola sontekan Azizbek Turgunbaev yang mengarah ke sudut kiri gawang.

Uzbekistan mendapatkan peluang emas untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-55. Jaloliddin Masharipov melakukan aksi individu yang dilanjutkan tendangan keras kaki kiri tetapi masih berada tipis di samping gawang Qatar.

Tekanan yang terus dilancarkan Uzbekistan akhirnya berbuah manis. Odiljon Khamrobekov yang merangsek ke kotak penalti bisa menggetarkan gawang Qatar untuk membuat skor jadi 1-1 pada menit ke-59.

Pertandingan berjalan alot setelah skor imbang 1-1. Serangan yang coba dibangun kedua tim kerap mentah saat masuk ke area tengah lapangan.

Peluang terbaik baru didapat Qatar pada menit ke-90+11. Akram Afif melepaskan tembakan melengkung dari sisi kiri ke tiang jauh yang berada tipis di samping gawang.

Semenit berselang giliran Uzbekistan yang mendapatkan peluang untuk mencetak gol kemenangan. Hanya saja tembakan Shokhboz Umarov berada tipis di sisi kanan gawang.

Skor imbang 1-1 selama 90 menit membuat pertandingan berlanjut ke perpanjangan waktu. Qatar dan Uzbekistan sama-sama punya peluang untuk mencetak gol tetapi tidak ada satu pun gol yang bisa jadi pembeda dan laga berlanjut ke adu penalti.

Drama adu penalti berjalan dramatis buat kedua tim. Uzbekistan sebenarnya sempat unggul 2-1 karena Almouz Ali dan Ahmadi Ali gagal menjalankan tugasnya.

Namun, Uzbekistan membuang peluang karena setelahnya giliran Abdirakhmatov dan Masharipov yang gagal membobol gawang Qatar. Qatar akhirnya bisa keluar sebagai pemenang setelah eksekutor penalti kelima Pedro Miguel menjalankan tugas dengan sempurna dan membuat skor menjadi 3-2.

Susunan pemain

Qatar (3-5-2): Meshaal Barsham; Tarek Salman, Almahdi Ali, Lucas Mendes; Pedro Miguel, Jassem Gaber, Ahmed Fathi, Hasan Al Haydos, Mohammed Waad; Almoez Ali, Akram Afif

Uzbekistan (3-4-2-1): Utkir Yusupov; Abdulla Abdullayeve, Umarbek Eshmuradov, Rustamjon Ashurmatov; Azizbek Turgunbaev, Odiljon Khamrobekov, Otabek Shukurov, Farrukh Sayfiev; Oston Urunov, Abbosbek Fayzullaev; Jaloliddin Masharipov

(jal)




Sumber: www.cnnindonesia.com