Profil 6 Wakil Indonesia di BWF World Tour Finals 2023

Kesuksesan Gregoria Mariska Tunjung dan Viktor Axelsen di Kumamoto Japan Masters 2023 menggagalkan misi sapu bersih wakil China, Minggu (19/11).
Jakarta, CNN Indonesia

Indonesia mengirimkan enam wakil ke BWF World Tour Finals 2023. Berikut profil wakil Indonesia di ajang tersebut.

BWF World Tour Finals 2023 adalah turnamen elite penutup tahun. Delapan tunggal atau ganda terbaik dari masing-masing nomor berlaga untuk memperebutkan juara.

BWF World Tour Finals juga punya ciri khas bila dibandingkan turnamen-turnamen BWF lainnya. Hal tersebut adalah format kompetisi yang menggunakan sistem round robin dibandingkan turnamen yang menjalankan sistem knock out sejak babak pertama.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berikut profil enam wakil Indonesia di BWF World Tour Finals:

1. Jonatan Christie

Tahun 2023 sejatinya jadi tahun yang bagus bagi Jonatan. Ia memenangkan tiga gelar yaitu Indonesia Masters, French Open, dan Hong Kong Open. Namun performa buruk Jonatan di dua ajang besar, Kejuaraan Dunia dan Asian Games membuat namanya tak lepas dari kritikan.

BWF World Tour Finals jadi kesempatan bagus bagi Jonatan untuk membuktikan diri. Jonatan juga baru saja melangsungkan pernikahan dengan Shania Junianatha sehingga ia punya motivasi tambahan untuk mendapat kado pernikahan yang indah di akhir tahun ini.




Jonatan Christie jadi juara di Indonesia Masters, French Open, dan Hong Kong Open pada 2023. (Dok. PBSI)

2. Anthony Ginting

Anthony Ginting tampil cukup impresif di paruh awal tahun 2023. Ia memenangkan Kejuaraan Asia dan Singapore Open. Selain itu Ginting juga jadi runner up di Indonesia Open.

Di paruh akhir 2023, Ginting terbilang mengalami penurunan pencapaian di BWF Tour. Pencapaian terbaiknya adalah semifinal Hong Kong Open.

BWF World Tour Finals bisa jadi peluang bagus bagi Ginting untuk menutup tahun 2023 dengan baik. Di tahun lalu ia jadi runner up dan tentu berharap bisa meraih hasil lebih bagus di tahun ini.




Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Anthony Ginting bertanding melawan tunggal putra Denmark Viktor Axelsen pada babak final Indonesia Open 2023 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (18/6/2023). Ginting menjadi runner up Indonesia Open 2023 setelah kalah dalam pertandingan dengan dua gim langsung (14-21, 13-21). (CNN Indonesia/Adi Maulana Ibrahim)Anthony Ginting jadi juara Asia dan juara Singapore Open di tahun 2023. (CNN Indonesia/Adi Maulana Ibrahim)

3. Gregoria Mariska Tunjung

Tahun 2023 jadi tahun yang fantastis untuk Gregoria Mariska Tunjung. Ia mampu merebut dua gelar yaitu Spain Masters dan Japan Masters.

Gregoria juga total empat kali masuk final dan total tujuh kali masuk babak semifinal tahun ini. Gregoria juga sukses menembus 10 besar dan kini bisa memberikan perlawanan sengit untuk pemain-pemain papan atas.

BWF World Tour Finals 2023 jadi ajang yang tepat bagi Gregoria untuk menunjukkan kelayakannya bersaing dengan pemain-pemain di papan atas.

Baca lanjutan berita ini di halaman berikut >>>




Sumber: www.cnnindonesia.com