Prediksi Formasi Timnas Indonesia dengan Pemain Naturalisasi pada 2024

Timnas Indonesia dikabarkan bakal menjalani uji tanding melawan timnas Iran sebelum Piala Asia 2024.


Jakarta, CNN Indonesia

Kehadiran tiga pemain naturalisasi baru disebut-sebut bakal membuat sengit persaingan di Timnas Indonesia. Berikut prediksi formasi Timnas Indonesia dengan kehadiran wajah-wajah asing pada tahun depan.

Selama 2023, ada delapan pemain naturalisasi yang rutin dipanggil Shin Tae Yong. Tiga nama dari perwakilan wajah lama adalah Stefano Lilipaly, Marc Klok, dan Ilija Spasojevic.

Kemudian ada lima wajah baru, yakni Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Ivar Jenner, dan Rafael Struick. Kini akan bertambah lagi tiga wajah terbaru naturalisasi.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tiga pemain yang dimaksud adalah Justin Hubner, Nathan Tjoe-A-On, dan Jay Idzes. Dari tiga pemain ini, baru Hubner yang sudah resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI).

Dengan kata lain ada 11 pemain naturalisasi yang bisa menjadi pilihan Timnas Indonesia pada 2024. Namun demikian, tidak semua pemain punya kans dipanggil Shin Tae Yong.

Spasojevic misalnya sudah tak dipanggil selepas Piala AFF 2022. Lilipaly juga absen dalam dua pemanggilan terakhir, meski statistiknya paling menonjol di Liga 1 2023/2024.

Jika Spaso dan Lilipaly tak masuk skuad berarti tinggal delapan pemain yang berpeluang, kendati demikian belum tentu semua pemain naturalisasi bakal menjadi pilihan utama.

Untuk posisi bek tengah misalnya, kombinasi Rizky Ridho, Jordi Amat, dan Justin Hubner berpotensi menjadi pilihan utama. Dalam situasi ini Elkan Baggott bakal dicadangkan.

Begitu pula dengan Jay Idzes, belum tentu jadi pilihan utama. Saat ini Idzes sedang berkutat dengan cedera. Pemain Venezia ini sudah dalam tujuh laga terakhir Serie B.

Nathan juga belum tentu jadi pilihan, sebab Asnawi punya nilai lebih yang kuat. Selain sebagai kapten klub, Asnawi selalu tampil 100 persen bersama Timnas Indonesia.

Untuk posisi bek sayap kiri, Shayne Pattynama berpeluang jadi pilihan utama. Kualitas pemain 25 tahun ini terbukti lebih baik dari Pratama Arhan atau Edo Febriansyah.

Beralih ke tengah, kombinasi Ricky Kambuaya, Marselino Ferdinan, dan Ivar Jenner sangat realistis jadi andalan Shin. Jika tidak, ada potensi Marc Klok masuk.

Adapun dua pemain lini depan, ada potensi Rafael Struick dan Saddil Ramdani Ramdani jadi pilihan. Kedua pemain ini tampil ngotot dalam dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia dengan Pemain Naturalisasi

Inti: Ernando Ari Sutaryadi (PG); Rizky Ridho, Jordi Amat, Justin Hubner; Asnawi Mangkualam, Ricky Kambuaya, Marselino Ferdinan, Ivar Jenner, Shayne Pattynama; Rafael Struick, Saddil Ramdani

Cadangan: Nadeo Argawinata, Muhammad Riyandi, Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On, Justin Hubner, Pratama Arhan, Marc Klok, Sandy Walsh, Rachmat Irianto, Witan Sulaeman, Adam Alis, Ramadhan Sananta

[Gambas:Video CNN]

(abs/nva)



Sumber: www.cnnindonesia.com