Pembuktian Sandy Walsh, Menggila di Vietnam vs Indonesia

Sandy Walsh tampil memikat saat Timnas Indonesia mengalahkan Vietnam 1-0 pada matchday kedua Grup D Piala Asia 2023, Jumat (19/1).


Jakarta, CNN Indonesia

Sandy Walsh tampil memikat saat Timnas Indonesia mengalahkan Vietnam 1-0 pada matchday kedua Grup D Piala Asia 2023, Jumat (19/1).

Sandy untuk kali pertama dimainkan sebagai starter oleh Shin Tae Yong di Piala Asia 2023. Pemain klub Belgia KV Mechelen itu diplot sebagai bek tengah bersama Jordi Amat dan Justin Hubner.

Bermain di posisi bek tengah sejatinya bukan posisi ideal Sandy. Namun, pemain berusia 28 tahun itu memperlihatkan sudah mulai terbiasa memainkan peran sebagai bek tengah setelah dicoba dalam beberapa kesempatan oleh STY, termasuk ketika dimasukkan mendekati akhir babak kedua saat kalah 1-3 dari Irak.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kepercayaan Shin Tae Yong dibayar Sandy dengan penampilan ciamik. Ia tidak menyia-nyiakan kesempatan yang terbilang langka itu sejak resmi jadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada 2022.

Sandy tercatat sudah tujuh kali membela Timnas Indonesia. Namun, pemain berdarah Belanda-Indonesia ini tercatat baru tiga kali main sebagai starter termasuk saat menang atas Vietnam.

Sandy tampil solid di jantung pertahanan. Kerja sama dengan Jordi dan Hubner berjalan baik untuk memastikan gawang Ernando Ari aman dari kebobolan.

Pemain kelahiran Brussels, Belgia itu juga terhitung rajin naik membantu serangan. Salah satu peluang terbaik didapatnya melalui sundulan yang memanfaatkan umpan silang Justin Hubner tetapi bisa digagalkan dengan gemilang oleh kiper Vietnam Nguyen Filip.

Berdasarkan statistik Sofascore, Sandy memenangi empat dari enam duel udara. Ia juga melakukan satu intersep dan satu clearance dengan akurasi operan. mencapai 78 persen.

Sandy mendapat rating 7,1 di laga kontra Vietnam. Ratingnya ini hanya kalah dari Hubner yang mendapatkan nilai 7,4 dari tiga bek tengah Timnas Indonesia yang turun sejak menit pertama.

Penampilan apik itu juga membuat nama Sandy Walsh trending topic di akun Twitter (X). Pujian deras mengalir kepada mantan pemain Zulte Waregem dan Genk tersebut.

Dengan aksi yang ditampilkan lawan Vietnam, potensi Sandy kembali dimainkan sejak menit pertama saat meladeni Jepang di laga terakhir Grup D Piala Asia 2023, Rabu (24/1), terbuka lebar. Kabar baiknya Shin Tae Yong bisa lebih mudah meracik komposisi di jantung pertahanan dengan sejumlah pemain berada di level terbaiknya.

[Gambas:Video CNN]

(jal/har)




Sumber: www.cnnindonesia.com