Pemain Liga Lokal Tak Banyak Kesempatan

Pemain Jepang Takehiro Tomiyasu memilih bersikap hati-hati jelang meladeni Indonesia pada laga pemungkas Grup D Piala Asia 2023, Rabu (24/1).


Jakarta, CNN Indonesia

Timnas Jepang akan menghadapi Timnas Indonesia di laga ketiga Piala Asia 2023, Rabu (24/1). Hajime Moriyasu sebagai arsitek Jepang tidak banyak memberikan kesempatan main pada pemain liga domestik alias J League.

Lantaran sepak bola Jepang terus meningkat kualitasnya, hal tersebut kemudian berdampak pada komposisi pemain di timnas Jepang. Komposisi skuad Jepang mayoritas diisi oleh pemain-pemain yang berkiprah di luar negeri.

Dalam komposisi 26 pemain untuk Piala Asia ini, hanya ada lima pemain yang berlaga di J League. Lima pemain tersebut adalah Daiya Maekawa (Vissel Kobe), Mao Hosoya (Kashiwa Reysol), Taishi Brandon Nozawa (FC Tokyo), Seiya Maikuma (Cerezo Osaka), dan Kaishu Sano (Kashima Antlers).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ada satu pemain yang bermain di Liga Asia lainnya yaitu Shogo Taniguchi yang bermain di Liga Qatar. Sedangkan 20 pemain lainnya dalam skuad Jepang adalah mereka yang merumput di kompetisi Eropa.

Para pemain liga lokal itu juga kemudian minim kesempatan bermain. Maekawa dan Nozawa dalam dua laga awal selalu jadi cadangan kiper Zion Suzuki.

Pada laga lawan Vietnam, Hosoya ditunjuk sebagai starter namun kemudian ditarik keluar di awal babak kedua untuk digantikan Ayase Ueda. Sementara itu, Maikuma dan Sano masuk sebagai pemain pengganti di 15 menit terakhir.

Sedangkan pada laga lawan Irak, tiga pemain tersebut hanya jadi penghangat bangku cadangan.

Jepang akan menghadapi Indonesia dalam laga penentuan di grup D. Jepang bisa memastikan tiket 16 besar bermodalkan hasil imbang sedangkan Timnas Indonesia wajib menang bila tak ingin bergantung pada hasil pertandingan lain.

[Gambas:Video CNN]

(ptr/sry)




Sumber: www.cnnindonesia.com