Pelatih Thailand Puji GBK dan Nantikan Sihir Fans Timnas Indonesia

Pelatih Thailand U-20 Yuki Richard Stalph memuji kemegahan Stadion Utama Gelora Bung Karno dan berharap tim asuhannya ditekan oleh fan Timnas Indonesia U-20.


Jakarta, CNN Indonesia

Pelatih Thailand U-20 Yuki Richard Stalph memuji kemegahan Stadion Utama Gelora Bung Karno dan berharap tim asuhannya ditekan oleh fan Timnas Indonesia U-20.

Thailand U-20 akan bertemu dengan Indonesia U-20 dalam laga uji coba pada Jumat (26/1) malam. Ini akan menjadi laga uji coba internasional pertama bagi kedua tim sejak dibentuk pada Desember 2023.

Sebelum laga ini Yuki bersama tim asuhannya melihat kondisi GBK pada Kamis (25/1). Kunjungan stadion ini dilakukan sebelum menjalani latihan sore di Stadion Madya, Senayan, Jakarta.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Saya sebenarnya baru saja mengunjungi stadion [GBK]. Ini stadion yang fantastis. Ini sangat mengesankan. Saya dengar akan ada juga penonton. Jadi saya berharap pemain memanfaatkan pengalaman ini,” kata Yuki.

“Itu akan memberi mereka motivasi ekstra untuk bekerja keras dalam kehidupan sehari-hari bahwa mereka dalam waktu dekat bisa bermain di depan stadion yang penuh seperti itu,” ujarnya sebelum latihan.

Menurut pelatih berdarah Jepang-Jerman ini, main di stadion besar dengan jumlah penonton yang banyak sangat berarti bagi pemain muda. Itu mengapa Yuki sangat gembira diundang PSSI.

Yuki yakin para pemainnya akan semakin berlatih keras dan menjaga diri agar kelak bisa bermain di stadion besar. Bermain di Indonesia bisa membuat motivasi pemain terkatrol.

“Jadi menurut saya, yang terbaik bagi seorang pesepakbola adalah bermain di depan banyak orang. Jadi saya senang mereka bisa memberikan pengalaman bagus besok di stadion fantastis itu,” kata Yuki.

“Dan mudah-mudahan mereka tidak terlalu gugup dan mereka akan bermain seperti biasanya,” ucap pelatih 39 tahun tersebut sambil menjelaskan semua pemainnya sudah siap tempur melawan Indonesia U-20.

Tekad Imbangi Indonesia

Selain senang dengan atmosfer stadion yang akan didapat pasukannya, Stalph mengusung misi bisa mengimbangi Timnas Indonesia U-20. Tekad itu ia apungkan karena mengetahui rivalitas antara Indonesia dan Thailand di kawasan Asia Tenggara.

Salah satu kisah yang didengar Yuki adalah Thailand U-23 kalah dari Indonesia U-23 di SEA Games 2023. Baginya kekalahan di SEA Games adalah masa lalu, dan masa depan harus diperbaiki.

“Ya, saya dengar ada persaingan besar, persaingan antara kedua negara. Aku tidak bisa mengatakan apapun tentang masa lalu. Tapi kami bekerja keras setiap hari,” kata Yuki di Stadion Madya, Kamis (25/1).

Sebagai pelatih yang baru didatangkan pada Desember 2023, Yuki mencoba mendapatkan talenta terbaik Thailand. Talenta tersebut akan dilatih untuk menjadi semakin matang.

Untuk pertandingan uji coba melawan Indonesia, Yuki membawa 23 pemain. Pemain ini disebutnya sebagai talenta terbaik yang ia dapat selama satu bulan melakukan pemantauan.

“Kami berkomitmen setiap hari dan kami berusaha berkembang setiap hari. Jadi mudah-mudahan besok kami bisa tampil baik dan mendapatkan hasil yang lebih baik dari tahun lalu,” ujarnya.

[Gambas:Video CNN]

(abs/jal)



Sumber: www.cnnindonesia.com