Pelatih Fisik Blak-blakan Soal Stamina Timnas Indonesia: Sangat Kurang

Asisten pelatih Timnas Indonesia Nova Arianto menyebut Elkan Baggott dan Justin Hubner akan gabung TC untuk Piala Asia 2023 pada 1 Januari.


Jakarta, CNN Indonesia

Pelatih Fisik Timnas Indonesia Shin Sang Gyu memaparkan kondisi kekuatan dan energi fisik pemain Skuad Garuda yang sedang dipersiapkan menuju Piala Asia jauh dari ideal.

Guna memperbaiki stamina, salah satu agenda yang dijalani para pemain dalam pemusatan latihan di Turki adalah penguatan fisik di pusat kebugaran tempat para pemain menginap.

Latihan dibagi menjadi beberapa bagian untuk memperkuat otot pemain.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Salah satunya adalah memperkuat otot-otot kecil. Dalam waktu yang diberikan ini, kami memaksimalkannya, supaya dapat hasil yang sempurna. Dalam waktu singkat ini, memang sulit juga untuk meningkatkan power-nya langsung, tetapi memang otot-otot kecil yang dikembangkan, akan berdampak ke stamina pemain sekarang.”

“Saat ini stamina mereka sangat kurang, penguatan ini sangat penting. Tetapi pemain punya potensi baik, maka dari itu kita latihan gym terus menerus,” terang Sang Gyu dikutip dari situs resmi PSSI.

Yakob Sayuri mengakui latihan yang dijalani seluruh penggawa Timnas Indonesia memantapkan kemampuan menuju Piala Asia.

“Latihan pagi ini fokus core, untuk penguatan perut, antusias teman-teman hari ini sangat semangat untuk menjalani latihan. Kondisi saya sangat baik setelah bergabung di TC dengan latihan yang diberikan oleh head coach, sangat siap untuk menghadapi Piala Asia nanti,” terang Yakob.

Timnas Indonesia sudah menjalani latihan di Turki sejak 21 Desember. Sebanyak 22 pemain sudah bergabung. Sementara lima pemain, Sandy Walsh, Ivar Jenner, Rafael Struick, Elkan Baggott, dan Justin Hubner akan menyusul.

Selain berlatih, TC di Turki yang berlangsung hingga 6 Januari juga akan dipadatkan dengan agenda uji tanding menghadapi Libya pada 2 dan 5 Januari. Setelah itu Timnas Indonesia berangkat ke Qatar untuk mengikuti Piala Asia. Sebuah laga uji coba melawan Iran bakal dilangsungkan pada 9 Januari atau enam hari sebelum pertandingan pertama Piala Asia melawan Irak.

[Gambas:Video CNN]

(nva/nva)



Sumber: www.cnnindonesia.com