Pelatih Australia Puji Indonesia: Mereka Besar dan Kuat

Pelatih timnas Australia Graham Arnold mengapresiasi penampilan Timnas Indonesia dalam babak 16 besar Piala Asia 2023 (2024).


Jakarta, CNN Indonesia

Pelatih timnas Australia Graham Arnold mengapresiasi penampilan Timnas Indonesia dalam babak 16 besar Piala Asia 2023 (2024).

Australia menang 4-0 atas Indonesia, namun angka di papan skor tersebut tidak menggambarkan pertandingan yang berjalan sengit seperti yang diakui Arnold.

“Kredit untuk Indonesia, saya rasa mereka membuat pertandingan menjadi alot. Secara fisik mereka besar dan kuat. Tadi adalah laga yang ketat. Kualitas yang ingin kami tampilkan di depan muncul pada hari ini,” ucap Arnold dalam konferensi pers setelah pertandingan dikutip dari Reuters.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Sepak bola Asia berkembang pesat. Kami sudah menduga hal itu, itulah yang kami katakan kepada para pemain, ‘Siap-siaplah bertarung. Bersiaplah untuk duel fisik.’ karena itu yang dibawa Indonesia,” ujar pelatih yang pernah menangani timnas Australia U-23 itu.

Arnold merasa puas karena anak asuhnya bisa menampilkan performa apik saat berhadapan dengan Indonesia sehingga mampu mencetak tiket ke babak perempat final.

“Perbaikan yang saya lihat hari ini adalah kepercayaan individu. Dalam banyak hal [mereka bermain dengan] lebih banyak kebebasan dan santai, itulah yang saya inginkan. Senang rasanya memiliki sistem permainan yang bagus dan menyenangkan juga memiliki serangan yang ampuh,” kata Arnold.

Bagi Australia, kemenangan atas Indonesia adalah yang terbesar pada Piala Asia kali ini. Sebelumnya di fase grup, Australia menang 2-0 atas India dan mengalahkan Suriah 1-0. Sementara satu laga lagi berakhir imbang 1-1 melawan Uzbekistan.

Sebaliknya bagi Indonesia, kebobolan empat gol dalam laga melawan Australia adalah yang paling telak pada Piala Asia 2023. Kendati demikian, seperti diutarakan Shin Tae Yong, performa Tim Merah Putih cukup baik sepanjang 2×45 menit.

“Saya tidak berpikir kami kalah secara performa dan satu alasannya adalah karena para pemain bermain dengan baik. Saya memberi instruksi kepada mereka dan mereka mematuhinya, itu berasal dari persiapan kami,” ucap Shin.

[Gambas:Video CNN]

(nva/nva)




Sumber: www.cnnindonesia.com