Menit Ke-75, Irak Unggul 3-1 Atas Indonesia di Piala Asia

Pada menit ke-75 pemain Irak Aymen Hussein berhasil membawa timnya unggul 3-1 atas Indonesia di Piala Asia 2023, Senin (15/1) malam WIB.


Jakarta, CNN Indonesia

Pada menit ke-75 pemain Irak Aymen Hussein berhasil membawa timnya unggul 3-1 atas Indonesia di Piala Asia 2023, Senin (15/1) malam WIB.

Timnas Indonesia menghadapi Irak pada pertandingan perdana Grup D Piala Asia 2023. Pertandingan Indonesia vs Irak digelar di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan, pada Senin (15/1) malam.

Pada menit ke-75 Irak berhasil menambah gol lewat tendangan keras Aymen Hussein. Gol berawal dari Aymen yang memenangkan duel lawan Rizky Ridho. Aymen kemudian melepaskan tendangan keras yang sulit diblok kiper Indonesia Ernando Ari.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dalam pertandingan ini di menit kelima Indonesia sebenarnya mendapatkan peluang bagus lewat tendangan Marselino Ferdinan yang membentur mistar gawang Irak.

Kemudian Irak berhasil unggul 1-0 atas Timnas Indonesia pada menit ke-17 lewat gol Mohanad Ali di pertandingan Grup D Piala Asia 2023, Senin (15/1).

Gol berawal dari kegagalan Elkan Baggott mengadang lawan, sehingga memberikan kebebasan kepada Ali untuk berhadapan dengan kiper Indonesia Ernando Ari.

Ali pun dapat memaksimalkan peluang tersebut dengan melepaskan tendangan keras yang menjadi gol. Irak unggul 1-0 atas Indonesia di menit ke-17.

Timnas Indonesia berhasil menyamakan skor menjadi 1-1 lewat gol Marselino Ferdinan usai meneruskan umpan Yakob Sayuri pada menit ke-36.

Berawal dari pergerakan gemilang Yakob di sisi kanan yang melewati adangan pemain lawan, kemudian mengirimkan umpan kepada Marselino. Marselino yang berdiri bebas berhasil mencetak gol.

Tetapi Irak berhasil membobol gawang Indonesia pada menit ke-45+6 lewat Osamah Jabbar Rashid untuk mengubah skor menjadi 2-1.

Pertandingan babak pertama Indonesia vs Irak berakhir dengan skor 1-2 untuk keunggulan Lions of Mesopotamia.

Namun gol kedua Irak dianggap kontrovesial karena sebelum terjadinya gol Osamah Jabbar Rashid, sempat terjadi offside terlebih dahulu yang dilakukan Mohanad Ali Kadhim.

Momen itu terjadi ketika Suad Natiq Naji mengirimkan umpan kepada Mohanad Ali Kadhim, lalu Ali Kadhim melakukan sundulan yang dapat diblok oleh kiper Indonesia Ernando Ari. Karena terlibat duel dengan Ernando, Mohanad Ali Kadhim tergeletak di depan gawang Indonesia karena membutuhkan perawatan.

Sementara bola hasil blok Ernando Ari itu kemudian melahirkan gelombang serangan Irak berikutnya yang menghasilkan gol kedua Irak yang dicetak Rashid.

Wasit lgiz Tantashev dari Uzbekistan sempat mengecek VAR tetapi akhirnya tetap mengesahkan gol kedua Irak.

Keputusan wasit Igiz Tantashev menuai kontroversi dan menjadi perdebatan di media sosial.

Indonesia tertinggal 1-3 setelah Irak berhasil menambah keunggulan lewat gol Aymen Hussein pada menit ke-75.

(rhr)




Sumber: www.cnnindonesia.com