Masalah Jepang di Piala Asia: Kiper Minim Pengalaman

Timnas Indonesia akan menghadapi Jepang di laga terakhir fase grup D Piala Asia. Kelemahan mencolok dari Jepang adalah posisi kiper yang minim pengalaman.


Jakarta, CNN Indonesia

Timnas Indonesia akan menghadapi Jepang di laga terakhir fase grup D Piala Asia. Masalah mencolok dari Jepang adalah posisi kiper yang minim pengalaman.

Timnas Indonesia menghadapi laga penting lawan Jepang di pertandingan terakhir grup D. Pertandingan ini bisa jadi penentu perjalanan Timnas Indonesia di Piala Asia.

Merujuk pada laga sebelumnya, Timnas Jepang memiliki masalah serius di lini pertahanan. Jepang kebobolan empat gol dari dua laga, masing-masing dua gol disarangkan Vietnam dan Irak.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Zion Suzuki yang tampil sebagai penjaga gawang di dua laga tersebut tidak bisa memberikan rasa aman di lini belakang. Ia malah membuat blunder yang memudahkan lawan menjebol gawang Jepang.

Blunder Zion Suzuki sebagai penjaga gawang sejauh ini masih dimaklumi pelatih Jepang Hajime Moriyasu. Moriyasu menilai faktor jam terbang yang masih minim membuat Zion Suzuki belum bisa menampilkan level terbaik yang bisa ia tunjukkan di laga Piala Asia.

“Ketika seseorang tidak punya banyak pengalaman, dia akan membuat kesalahan. Itu adalah hal yang terjadi entah dia adalah kiper ataupun profesi lainnya di dunia ini,” kata Moriyasu coba memaklumi, dikutip dari Japan Today.

Zion Suzuki sendiri baru enam kali tampil membela Jepang. Dengan dua performa buruk, kondisi psikologis Zion Suzuki tentu terganggu.

Namun untuk mencari opsi lain, Moriyasu juga bakal kebingungan. Daiya Maekawa dan Taishi Brandon Nozawa yang juga berposisi sebagai kiper juga sama-sama masih hijau. Maekawa baru satu kali tampil membela Jepang sedangkan Nozawa malah belum pernah berlaga mengawal gawang Jepang.

Di Piala Asia ini, Moriyasu memutuskan untuk tidak membawa Shuichi Gonda. Gonda adalah kiper Jepang di Piala Dunia 2022 dan sudah 38 kali tampil membela Jepang.

[Gambas:Video CNN]

(ptr/nva)




Sumber: www.cnnindonesia.com