Madam Pang Jadi Ketua Federasi Thailand, Cetak Sejarah di Asia

Manajer timnas Thailand Madam Pang tetap menyanjung tim Gajah Perang walau tersingkir di 16 besar Piala Asia 2023.


Jakarta, CNN Indonesia

Madam Pang atau Nualphan Lamsam terpilih sebagai Presiden Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) dalam kongres di Bangkok, Kamis (8/2) sore.

Mantan manajer tim nasional Thailand itu menang dengan suara mayoritas. Dari total 73 pemilik suara dalam kongres tersebut, Madam Pang mendapat 68 suara.

“Nualphan Lamsam menjadi presiden FAT ke-18 setelah memenangkan pemilihan. Dengan skor tinggi 68 dari 73 suara, atau 93 persen, dari 5 kandidat yang mencalonkan diri,” tulis FAT.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dengan jadi Presiden FAT terbaru, Madam Pang ikut mencatatkan sejarah di sepak bola Asia. Dia tercatat sebagai perempuan pertama di benua Asia yang menjadi presiden asosiasi atau federasi sepak bola. Madam Pang juga menjadi ‘pemimpin sepak bola’ wanita ketujuh di level dunia.

“Madam Pang menjadi presiden Asosiasi Sepak Bola wanita pertama di Thailand sejak berdirinya asosiasi selama 108 tahun. Ia juga jadi presiden Asosiasi Sepak Bola wanita pertama dalam sejarah Asia,” tulis FAT.

Untuk level dunia, nama-nama perempuan yang pernah menjadi orang nomor satu federasi, yakni Debbie Hewitt (Inggris), Cindy Barlow Cone (AS), dan Leez Clee Fness (Norwegia).

[Gambas:Instagram]

Kemudian ada Sonia Bian Aim dari Kepulauan Turks dan Caicos, Pascal van Dam dari Belgia, dan Anya James dari Bahama. Artinya Madam Pang jadi yang ketujuh di dunia.

Dengan ini Madam Pang akan memimpin FAT selama empat tahun. Dalam artian Pang akan menjadi orang nomor satu Negeri Gajah Putih tersebut dari 2024 hingga 2028.

[Gambas:Video CNN]

(abs/sry)



Sumber: www.cnnindonesia.com