Lini Belakang Keropos, PR Besar Timnas Indonesia di Piala Asia

Berikut berita pilihan dunia olahraga dalam 24 jam terakhir, termasuk hasil di Piala Asia yang diikuti Timnas Indonesia dan Malaysia.


Jakarta, CNN Indonesia

Timnas Indonesia memainkan formasi tiga bek tengah lawan Irak di Piala Asia. Namun hal tersebut masih belum terbukti ampuh.

Shin Tae Yong memainkan Rizky Ridho, Jordi Amat, dan Elkan Baggott sebagai trio bek tengah. Mereka juga masih disokong oleh Asnawi Mangkualam dan Pratama Arhan yang berperan sebagai full back.

Namun komposisi itu ternyata belum cukup kuat mengadang serangan-serangan Irak. Lini belakang Timnas Indonesia masih keropos dan bisa dengan mudah ditembus lawan. Salah satu buktinya adalah tiga gol yang bersarang semuanya berasal dari tembakan di dalam kotak penalti.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Timnas Indonesia memainkan formasi tiga bek sejajar namun dengan pola main yang terbuka dan menyerang. Hal itu yang membuat Timnas Indonesia otomatis menaikkan garis pertahanan ketika sedang berada dalam posisi menyerang lawan.

Garis pertahanan yang tinggi ini tidak diimbangi oleh kecepatan-kecepatan yang mumpuni dari bek-bek Timnas Indonesia. Kesalahan koordinasi dan lambatnya menutup gerakan lawan berbuah gol pertama Irak yang dicetak oleh Mohanad Ali.

Hal serupa juga terjadi di gol kedua. Terlepas dari gol tersebut berbau kontroversi karena ada indikasi offside,lini pertahanan Timnas Indonesia tidak solid dan mudah ditembus oleh kecepatan pemain Irak.

Koordinasi yang tidak bagus juga membuat Osama Rashid bisa berdiri bebas di depan gawang dan menyambut bola liar setelah Ernando Ari menepis bola.

Sedangkan pada proses gol ketiga, umpan silang membuat Aymen Hussein bisa menguasai bola dan melepaskan tembakan keras dari jarak dekat.

Koordinasi Jordi Amat, Rizky Ridho, dan Elkan Baggott tidak berjalan bagus di laga perdana. Arhan dan Asnawi juga masih belum mampu ikut menghadirkan pertahanan kuat saat Timnas Indonesia diserang.

Setelah kekalahan di laga perdana, menarik untuk melihat keputusan Shin Tae Yong pada laga berikutnya, tetap mempertahankan formasi awal atau melakukan perubahan susunan pemain. Timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam pada Jumat (19/1).

[Gambas:Video CNN]

(ptr/har)




Sumber: www.cnnindonesia.com