Lawan Timnas Indonesia, Jepang Juga di Ujung Tanduk

Jelang duel lawan Timnas Indonesia di laga terakhir Piala Asia, posisi Jepang juga belum sepenuhnya aman dan masih dalam ancaman gagal lolos.


Jakarta, CNN Indonesia

Timnas Indonesia akan menghadapi Jepang di laga terakhir grup D Piala Asia 2023, Rabu (24/1). Seperti halnya Skuad Garuda, Samurai Biru juga berada dalam posisi di ujung tanduk.

Jepang jadi tim dengan peringkat FIFA tertinggi saat Piala Asia digelar. Jepang bisa duduk di posisi 17 dunia dan jadi satu-satunya negara Asia di jajaran 20 besar.

Namun nyatanya Jepang tidak tampil meyakinkan di dua gelaran awal Piala Asia. Jepang baru meraih tiga poin dari kemenangan 4-2 atas Vietnam. Sedangkan ketika bertemu Irak, Jepang kalah dengan skor 1-2.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dengan kondisi tiga poin di tangan, posisi Jepang sejatinya juga hampir serupa dengan Timnas Indonesia. Mereka tidak dalam posisi sudah menggenggam tiket 16 besar ketika duel di laga terakhir akan digelar.

Posisi Jepang, begitu juga Timnas Indonesia, makin sulit karena Suriah dan Palestina sudah memastikan diri lolos ke babak 16 besar dengan merebut dua slot peringkat tiga terbaik.

Hal itu berarti bila Jepang kalah dari Timnas Indonesia, posisi mereka akan dalam situasi benar-benar kritis. Mereka hanya bisa berharap hasil dari pertandingan terakhir di grup E dan F. Apalagi dengan kondisi tiga poin di tangan, hal tersebut tidak cukup membuat Jepang bakal tenang.

Kondisi itu yang membuat Jepang dipastikan bakal menurunkan kekuatan terbaik. Kaoru Mitoma yang masih disimpan di dua laga awal lantaran sedang pemulihan cedera pun diprediksi bakal main lawan Timnas Indonesia.

Sedikit perbedaan dengan Timnas Indonesia, Jepang bisa mengunci posisi runner up bila bermain imbang lawan Timnas Indonesia. Hal itu lantaran Takumi Minamino dan kawan-kawan unggul selisih gol atas Skuad Garuda.

Laga Timnas Indonesia vs Jepang akan berlangsung di Al Thumama Stadium, Doha dengan waktu kick off pukul 18.30 WIB.

[Gambas:Video CNN]

(ptr/nva)




Sumber: www.cnnindonesia.com