Korea Selatan Tiba di Semifinal Piala Asia Usai 2 Kali Nyaris Mati

Korea Selatan mengalahkan Australia 2-1 melalui perpanjangan waktu pada babak perempat final Piala Asia 2023 yang diwarnai gol tendangan bebas Son Heung-min.


Jakarta, CNN Indonesia

Korea Selatan harus berdarah-darah untuk mencapai babak semifinal Piala Asia. Mereka dua kali nyaris tersingkir namun kemudian selamat lewat gol injury time.

Status Korea Selatan sebagai peringkat dua grup E membuat mereka terhindar dari Jepang di babak 16 besar. Namun jalan yang dilalui oleh Korea tetap terjal dan dipenuhi tantangan tim besar.

Di babak 16 besar, Korea berjumpa Arab Saudi yang berstatus juara grup F. Korea tertinggal 0-1 setelah Abdullah Radif mencetak gol di menit ke-46.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Keunggulan Arab Saudi itu terus bertahan hingga laga memasuki injury time. Korea benar-benar berada di posisi ujung tanduk dan nyaris tersingkir.

Di tengah kesulitan itu, Cho Gue Sung mencetak gol di menit kesembilan masa injury time. Umpan silang yang dilepaskan oleh Kim Tae Hwan ke arah tiang jauh berhasil diterima oleh Seol Young Woo.

Young Woo menyundul bola ke muka gawang. Kiper Arab Saudi, Ahmed Al Kassar berusaha memotong bola namun gagal melakukannya sehingga Gue Sung dengan mudah menyundul bola masuk ke dalam gawang.

Setelah berhasil memaksa laga berlanjut ke babak perpanjangan waktu, Korea Selatan akhirnya bisa menyingkirkan Arab Saudi lewat drama adu penalti yang berakhir dengan skor 4-2.

Di babak perempat final, hal yang serupa terulang. Korea menghadapi Australia dalam laga sengit.

Australia sudah unggul 1-0 lewat gol Craig Goodwin di babak pertama. Skor 1-0 terus bertahan hingga laga memasuki masa injury time.

Di saat kritis itu, Korea mendapatkan penalti. Penalti didapat setelah Son Heung Min dijatuhkan oleh Lewis Miller. Hwang Hee Chan maju sebagai eksekutor dan sukses mencetak gol di menit keenam masa injury time.

Ketika pertandingan berlanjut ke babak perpanjangan waktu, Korea Selatan bisa memastikan kemenangan lewat tendangan bebas Son Heung Min. Korea melaju ke semifinal dengan skor 2-1.

Selain dua momen selamat dari maut, Korea juga sempat mencetak gol di masa injury time dalam dua laga grup yaitu lawan Yordania yang membuat skor jadi 2-2 dan lawan Malaysia yang membuat skor sempat jadi 3-2 [hasil akhir 3-3].

Di babak semifinal, Korea Selatan akan kembali menghadapi Yordania. Duel ini bakal memperebutkan tiket menuju semifinal Piala Asia.

[Gambas:Video CNN]

(ptr/nva)



Sumber: www.cnnindonesia.com