Komding PSSI Revisi Sanksi PSIS, Hanya Tribune Utara Ditutup

Komite Banding PSSI menerima sebagian banding PSIS Semarang terkait hukuman larangan penonton hadir di laga kandang hingga akhir musim Liga 1.


Jakarta, CNN Indonesia

Komite Banding (Komding) PSSI menerima sebagian banding PSIS Semarang terkait hukuman larangan penonton hadir di laga kandang hingga akhir musim Liga 1.

Putusan Komding tersebut dipublikasikan PSSI melalui laman resmi dan media sosial klub pada Kamis (14/12) sore. Keputusan ini telah ditetapkan Komding pada Rabu (13/12).

Dalam putusannya Komding mengurangi sanksi untuk PSIS. Kini PSIS dihukum menutup tribune utara stadion setiap menggelar laga kandang Liga 1 2023/2024 hingga akhir musim.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Menjatuhkan sanksi disiplin oleh karena itu kepada klub PSIS Semarang berupa penutupan sebagian stadion (tribune utara) dalam menyelenggarakan pertandingan saat menjadi tuan rumah kompetisi Liga 1 2023-2024 berakhir, berlaku mulai pertandingan terdekat dan denda Rp25.000.000 (dua puluh lima juta rupiah).”

Yoyok Sukawi, Chief Executive Officer (CEO) PSIS, bersyukur atas keputusan dari Komding PSSI. Ia juga mengimbau suporter PSIS untuk tidak terpancing kericuhan di stadion.

“Alhamdulillah hari ini berkah bagi semua. Hukuman PSIS dapat dibanding dan kita semua bisa kembali bertemu di Stadion Jatidiri,” ujar Yoyok dilansir dari laman resmi klub.

“Semoga dari semua ini kita bisa belajar untuk lebih baik ke depannya dan PSIS juga sudah menyiapkan website serta aplikasi khusus penjualan tiket yang lebih rapi dan dapat meminimalisir adanya kebocoran.”

Sebelumnya Komite Disiplin (Komdis) PSSI menjatuhkan sanksi pertandingan tanpa penonton hingga akhir musim. Laskar Mahesa Jenar juga didenda dengan besaran Rp50 juta.

Pada Minggu (3/12) terjadi kericuhan antara fan PSIS dengan PSS Sleman di Stadion Jatidiri. Kejadian ini sangat disayangkan sebab fan PSS sejatinya dilarang menghadiri laga tandang.

“Merujuk kepada Pasal 70 Ayat 1, Ayat 4 dan Lampiran 1 Nomor 5 Kode Disiplin PSSI Tahun 2023, Klub PSIS Semarang dikenakan sanksi larangan menyelenggarakan pertandingan dengan penonton.”

“Saat menjadi tuan rumah sejak keputusan ini diterbitkan dan berlaku pada pertandingan terdekat sampai dengan Kompetisi BRI Liga 1 Tahun 2023-2024 berakhir,” Begitu bunyi putusan Komdis PSSI.

Putusan ini lantas dibanding oleh PSIS karena merasa pihaknya yang dirugikan. Pasalnya suporter PSS Sleman yang datang ke Stadion Jatidiri dan berujung bentrok dengan suporter PSIS.

[Gambas:Video CNN]

(abs/jun)



Sumber: www.cnnindonesia.com