Jurgen Klopp Resmi Tinggalkan Liverpool Akhir Musim

Jurgen Klopp resmi dipastikan meninggalkan Liverpool akhir musim 2023/2024 setelah sembilan musim melatih di Anfield.


Jakarta, CNN Indonesia

Jurgen Klopp resmi dipastikan meninggalkan Liverpool akhir musim 2023/2024 setelah sembilan musim melatih di Anfield.

Kepastian itu diungkap Liverpool melalui situs resmi klub, Jumat (26/1). Pihak Liverpool menyatakan Klopp telah memutuskan untuk meninggalkan klub akhir musim ini.

“Jurgen Klopp telah mengumumkan keputusannya untuk mengundurkan diri sebagai pelatih Liverpool pada akhir musim ini, setelah memberi tahu pemilik klub tentang keinginannya untuk meninggalkan posisinya ketika musim 2023-24 hampir berakhir,” tulis pihak Liverpool.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kontrak Klopp bersama Liverpool baru akan berakhir Juni 2026. Namun, pelatih asal Jerman itu mengaku ‘kehabisan tenaga’ untuk terus melatih Liverpool.

“Bagaimana saya mengatakannya, kehabisan energi. Saya tidak punya masalah sekarang, tentu saja, saya sudah tahu bahwa saya harus mengumumkannya suatu saat nanti, tapi saya baik-baik saja saat ini. Saya tahu saya tidak dapat melakukan pekerjaan itu lagi dan lagi dan lagi dan lagi,” ucap Klopp.

Klopp mengatakan sengaja mengumumkan kepergian dari Liverpool di tengah musim ini agar manajemen The Reds memiliki waktu untuk merencanakan perubahan tim pelatih.

“Saya sudah memberi tahu klub sejak November lalu. Saya harus menjelaskan sedikit bahwa mungkin dari luar pekerjaan saya terlihat berada di pinggir lapangan dan dalam sesi latihan, hal-hal seperti ini. Tetapi sebagian besar hal terjadi di sekitar hal-hal semacam ini. Itu berarti ketika musim berjalan dan Anda sudah merencanakan musim berikutnya,” ujar Klopp.

“Saat kami duduk membicarakan tentang calon pemain baru, pemusatan latihan musim panas berikutnya, dan apakah kami bisa pergi ke mana pun, muncul pemikiran, ‘Saya tidak yakin saya bisa di sini lagi’ dan saya sendiri terkejut dengan hal itu. Saya jelas mulai memikirkan [untuk pergi],” kata Klopp.

Liverpool juga akan ditinggal asisten pelatih, Pepijn Lijnders dan Peter Krawietz, serta pelatih pengembangan elit Vitor Matos.

[Gambas:Video CNN]

(har)



Sumber: www.cnnindonesia.com