Jepang Unggul 3-2 atas Vietnam

Jepang memimpin 3-2 atas Vietnam dalam babak pertama laga fase grup Piala Asia 2023 (2024) di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Minggu (14/1).


Jakarta, CNN Indonesia

Jepang memimpin 3-2 atas Vietnam dalam babak pertama laga fase grup Piala Asia 2023 (2024) di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Minggu (14/1).

Jepang yang lebih diunggulkan dalam laga ini memulai pertandingan dengan tempo lamban. Vietnam pun tidak langsung mencecar lawan. Perlahan Jepang mulai menekan.

Menit ke-11 Takumi Minamino memanfaatkan bola liar hasil blok pemain Vietnam yang kurang rapi dalam membuang bola menyusul situasi tendangan pojok. Jepang memimpin 1-0


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Lima menit berselang Vietnam memaksimalkan peluang dari sepak pojok. Nguyen Dinh Bac memenyundul bola kiriman dari kapten 8. Bola meluncur parabola ke sudut gawang dan tidak bisa digapai kiper Zion Suzuki.

Kebobolan satu gol membuat Jepang mulai menekan Vietnam, namun Vietnam bisa melepaskan diri dari tekanan dengan cukup baik. Lini pertahanan yang solid juga menjadi nilai plus bagi Vietnam pada laga ini.

Pada menit ke-23 Takumi Minamino melepaskan tembakan mendatar yang masih melebar dari gawang Vietnam.

Sebuah serangan balik Vietnam membuat Yukinari Sugawara melakukan pelanggaran dan mendapat kartu kuning. Sepakan bebas dari pelanggaran tersebut menjadi awal petaka Jepang.

Vietnam berbalik unggul pada menit ke-33 setelah tendangan bebas dari tengah lapangan oleh Phan Tuan Tai disundul Bui Hoang Viet Anh. Suzuki bisa menepis bola, namun ada Pham Tuan Hai yang sigap mencocor si kulit bulat. Vietnam memimpin 2-1.

Jepang berupaya mencetak gol balasan, namun lini pertahanan Vietnam yang rapat membuat Tim Samurai Biru kesulitan menembus daerah sepertiga akhir.

Kolaborasi Junya Ito, Keito Nakamura, Mao Hosoya, dan Minamino menghasilkan peluang, namun tidak ada gol tercipta sampai kemudian Minamino menuntaskan sebuah serangan pada menit terakhir waktu normal babak pertama.

Minamino nyaris mencetak gol lagi pada masa injury time, namun penyelamatan Filip Nguyen membuat skor tetap imbang 2-2.

Memasuki menit kelima injury time sebuah sepakan dari luar kotak penalti yang dilepaskan Keito Nakamura masuk ke gawang Vietnam. Jepang memimpin 3-2.

Susunan Pemain Jepang vs Vietnam:

Jepang:
Suzuki; Ito, Taniguchi, Itakura, Sugawara; Morita, Endo, Nakamura, Minamino, Ito; Hosoya

Vietnam:
Filip Nguyen; Phan Tuan Tai, Bui Hoang Viet Anh, Nguyen Thanh Binh; Vo Minh Trong, Nguyen Tuan Anh, Nguyen Thai Son, Pham Xuan Manh; Do Hung Dung; Pham Thuan hai, Nguyen Dinh Bac

(nva/nva)



Sumber: www.cnnindonesia.com