JDT Malaysia Masuk Daftar Elite Asia, Kans ke Piala Dunia Antarklub

Penguasa liga sepak bola Malaysia Johor Darul Tazim (JDT) dinyatakan masuk jajaran klub elite Asia dan memiliki kans berlaga di Piala Dunia Antarklub 2025.


Jakarta, CNN Indonesia

Penguasa liga sepak bola Malaysia Johor Darul Tazim (JDT) dinyatakan masuk jajaran klub elite Asia dan memiliki kans berlaga di Piala Dunia Antarklub 2025.

Berdasarkan pada ranking yang dirilis FIFA, JDT saat ini menempati peringkat ke-11 di zona Asia dengan 38 poin. Dengan kondisi tersebut, ada asa klub yang sudah 10 kali secara beruntun menjuarai Malaysia Super League sejak 2014 itu berlaga di Piala Dunia Antarklub dua tahun lagi.

Format Piala Dunia Antarklub yang berubah dengan menyertakan lebih banyak kontestan, membuat setiap konfederasi bisa mengirim lebih dari satu wakil. Jika selama ini Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) mendapat jatah satu tiket, maka pada Piala Dunia Antarklub 2025 akan ada empat jatah untuk wakil AFC.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dari empat jatah yang tersedia, tiga di antaranya akan diberikan kepada juara Liga Champions Asia musim 2021, 2022, dan 2023/2024. Sementara satu tempat lagi diperebutkan oleh tim terbaik yang memenuhi syarat di peringkat AFC selama empat tahun.

Dengan demikian sudah ada dua wakil Asia yang dipastikan berlaga di Piala Dunia Antarklub 2025 yakni Al hilal yang merupakan juara Liga Champions 2021, dan Urawa Red Diamonds yang menjadi kampiun Liga Champions 2022. Sementara dua wakil lain akan ditentukan seiring perjalanan Liga Champions Asia musim ini dan poin yang didapat klub-klub elite dalam ranking AFC.

Dilansir dari Bernama, kans JDT menipis karena sudah dipastikan tidak akan menjadi juara Liga Champions Asia 2023/2024 lantaran tersisih di fase grup.

Sedangkan untuk bersaing berebut jatah lewat jalur tim terbaik dari ranking AFC juga terbilang berat karena poin JDT tertinggal jauh dari klub-klub Asia lain seperti Ulsan HD, Kawasaki Frontale, Pohang Steelers, Al Duhail, hingga Al Nassr yang saat ini diperkuat Cristiano Ronaldo.

Selain JDT, klub ASEAN lain yang masuk dalam jajaran elite Asia saat ini adalah BG Pathum United dari Thailand. BG Pathum saat ini menduduki peringkat kesembilan dengan 46 poin atau unggul delapan poin dari JDT.

Poin klub-klub tersebut berdasarkan hasil yang diraih di ajang Liga Champions, baik kemenangan, seri, ataupun keberhasilan menembus fase selanjutnya.

Daftar 12 Besar Ranking Klub Asia versi AFC:

1. Al Hilal 97 poin (Masuk Piala Dunia Antarklub 2025 lewat jalur juara Liga Champions 2021)
2. Jeonbuk Motors 72
3. Ulsan HD 62
4. Kawasaki Frontale 61
5. Pohang Steelers 55
6. Al Duhail 53
7. Urawa Red Diamonds (Masuk Piala Dunia Antarklub 2025 lewat jalur juara Liga Champions 2022)
8. Al Nassr 49
9. BG Pathum United 46
10. Persepolis 38
11. Johor Darul Tazim 38
12. Daegu FC 38

[Gambas:Video CNN]

(nva/nva)



Sumber: www.cnnindonesia.com