Hajar Yordania, Bahrain Lolos ke 16 Besar

Timnas Bahrain menang 1-0 atas Yordania pada pertandingan terakhir Grup E Piala Asia 2023 di Stadion Al Janoub, Kamis (25/1).


Jakarta, CNN Indonesia

Timnas Bahrain menang 1-0 atas Yordania pada pertandingan terakhir Grup E Piala Asia 2023 di Stadion Al Janoub, Kamis (25/1). Kemenangan itu meloloskan Bahrain ke babak 16 besar Piala Asia.

Yordania mendapatkan percobaan mencetak gol pertama pada menit ketiga lewat tendangan Fadi Awad. Tetapi sepakan kaki kanan Fadi dari luar kotak penalti terlalu tinggi.

Yordania kembali mendapatkan peluang menembak pada menit ke-14, kali ini melalui Anas Bani Yaseen. Namun lagi-lagi upaya Yordania unggul lebih dulu belum berhasil setelah tembakan Yaseen menyamping di sisi kiri gawang lawan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Bahrain mencoba melancarkan serangan balasan satu menit kemudian. Tendangan Mohamed Marhoon pada menit ke-15 digagalkan kiper Yazeed Abulaila.

Yordania yang sudah dipastikan lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 bermain santai dan tidak menyerang dengan agresif. Juara dari Grup E nanti akan melawan Jepang di babak 16 besar.

Gol yang ditunggu-tunggu Bahrain tercipta pada menit ke-34 lewat serangan balik. Bahrain gagalkan serangan Yordania, lalu menekan balik.

Ali Madan memberikan umpan terobosan kepada Abdulla Yusuf Helal. Yusuf berlari sendirian dan berhadapan dengan kiper Abulaila. Tanpa kesulitan Yusuf menempatkan bola di pojok kiri gawang Yordania.

Yordania bertekad mencetak gol balasan pada menit ke-38, tetapi tendangan Mohammad Abu Hasheesh dimentahkan kiper Ebrahim Lutfallah.

Kendati tertinggal 0-1 di babak pertama, Bahrain tetap bermain dalam tempo lambat di babak kedua. Berstatus sudah pasti lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 membuat tim asuhan Lhoussaine Ammouta menyimpan tenaga di babak gugur.

Sementara itu Bahrain tidak ingin terlena dengan keunggulan 1-0. Pasukan Juan Antonio Pizzi terus mendominasi permainan dan menekan Yordania.

Percobaan pertama Bahrain di babak kedua datang dari tendangan Ali Madan yang diblok pertahanan lawan pada menit ke-54. Satu menit kemudian giliran Abdallah Nasib yang melepaskan tembakan, lagi-lagi diblok lawan.

Lima menit berikutnya Yordania memiliki peluang menyamakan skor. Hanya saja sundulan Ali Olwan dari kotak penalti dicegah kiper Lutfallah.

Yordania kembali memberikan ancaman kepada Bahrain. Tendangan Yazan Al Naimar pada menit ke-65 masih membentur pemain lawan.

Tembakan setengah voli kaki kiri Yazan Al Naimat dari dalam kotak penalti juga bisa digagalkan kiper Lutfallah pada menit ke-72.

Bahrain terus menekan Yordania. Sebaliknya, serangan Yordania selalu gagal melewati lini tengah Bahrain. Tembakan kaki kanan Yusuf Helal pada menit ke-77 diblok lawan.

Bahrain terus mendikte Yordania. Tekanan demi tekanan dilancarkan Dilmun Warriors. Tendangan Al Eker pada menit ke-86 digagalkan Abulaila. Abulaila kembali menggagalkan peluang Bahrain lewat tendangan Yusuf Helal pada menit ke-89.

Tanpa tambahan gol pada sisa laga, Bahrain menang 1-0 atas Yordania. Kemenangan itu meloloskan Bahrain ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Susunan Pemain Yordania vs Bahrain:

Yordania: Abulaila; Nasib, Bani Yaseen, Ajalin; Shibaya, Awab, Ayed, Abu Hasheesh; Abu Jalboush, Olwan; Al Naimat.

Bahrain: Lutfallah; Adel, Baqer, Al Hayam, Al Khalaasy; Al Shaikh, Al Hardan; Ali Madan, Al Aswad, Marhoon; Helal.

[Gambas:Video CNN]

(sry/jal)




Sumber: www.cnnindonesia.com