Garuda Tak Pernah Menang Sejak 2016

Timnas Indonesia akan bentrok dengan Vietnam di Piala Asia 2023 dengan rapor sama kuat mengacu head to head dari laga-laga sebelumnya.


Jakarta, CNN Indonesia

Timnas Indonesia akan bentrok dengan Vietnam di Piala Asia 2023 (2024) dengan rapor sama-sama kuat mengacu head to head dari laga-laga sebelumnya.

Bentrokan Indonesia dengan Vietnam pertama kali terjadi pada 28 November 1991. Dalam pertemuan di SEA Games 1991 ini Indonesia menang dengan skor 1-0.

Setelah itu kedua tim sering bertemu, utamanya dalam ajang Piala AFF, SEA Games (sebelum menggunakan regulasi U-23), dan Kualifikasi Piala Dunia.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ada kalanya saling mengalahkan, Indonesia dominan, sering imbang, dan Vietnam lebih sering menang. Dalam satu windu terakhir, Indonesia tak pernah menang atas Vietnam.

Kemenangan terakhir Indonesia atas Vietnam terjadi pada babak semifinal Piala AFF 2016. Kemenangan 2-0 itu diraih saat bermain di kandang, Stadion Pakansari.

Setelah laga itu, ada enam pertandingan antara Indonesia dengan Indonesia. Hasilnya Indonesia tiga kali kalah dan imbang. Vietnam sedang digdaya atas Indonesia.

Pertemuan terakhir Indonesia kontra Vietnam terjadi pada babak semifinal Piala AFF 2022. Ketika itu imbang 0-0 di Jakarta, lantas Indonesia kalah 0-2 di Hanoi.

Sejak 1991 hingga 2023, Indonesia dan Vietnam bentrok 27 kali. Hasilnya, kedua tim sama-sama menang delapan kali dan imbang sebanyak 11 kali.

Dengan kata lain Indonesia dan Vietnam akan bentrok di Stadion Abdullah bin Khalifa pada Jumat (19/1) dengan status sama kuat. Ini akan menjadi pembeda baru.

Sebelum laga ini Vietnam menyerah 2-4 dari Jepang pada Minggu (14/1). Adapun Timnas Indonesia takluk 1-3 dari Irak pada Senin (15/1) malam WIB.

Karenanya laga ini akan dijadikan kedua tim untuk meraup poin. Jika bisa menang, Indonesia dan Vietnam berpeluang lolos ke babak 16 besar.

Head to Head Vietnam vs Indonesia

Main: 27
Indonesia menang: 8
Imbang: 11
Vietnam menang: 8

[Gambas:Video CNN]

(abs/nva)




Sumber: www.cnnindonesia.com