Gagal di Piala Asia 2023, Malaysia Diminta Libas Oman

Kim Pan Gon mengatakan bertanggung jawab atas kegagalan timnas Malaysia usai tersingkir dari Piala Asia 2023.


Jakarta, CNN Indonesia

Timnas Malaysia diminta melibas Oman di Kualifikasi Piala Dunia (PPD) 2026 usai gagal di Piala Asia 2023 di Qatar.

Malaysia dalam perfoma bagus di Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan menempati puncak klasemen Grup D Asia usai mengalahkan Taiwan dan Kirgistan pada November 2023.

Akan tetapi tren positif itu terhenti di Piala Asia 2023 usai tersingkir setelah kalah dalam dua laga di Grup E. Malaysia menutup babak grup dengan hasil imbang 3-3 lawan Korea Selatan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Torehan satu poin itu dianggap penting oleh legenda Malaysia Dollah Saleh. Eks striker Malaysia itu pun meminta Harimau Malaya bangkit dan mengalahkan Oman pada laga ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2023, Maret mendatang.

“Tim seperti Oman punya kekuatan yang sama dengan tim yang kita lawan di Piala Asia. Faktanya, Korea Selatan lebih kuat dari mereka, jadi kami seharusnya bisa tampil baik melawan mereka [Oman],” ujar Dollah dikutip dari News Strait Times.

Dollah Saleh pun memberikan syarat kepada Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) agar Harimau Malaya tetap bagus di Kualifikasi Piala Dunia 2026, yakni uji coba yang berkualitas.

“Yang penting adalah kita memainkan pertandingan persahabatan yang berkualitas untuk mempersiapkan kita menghadapi kompetisi mendatang. Kita tidak boleh bermain melawan tim lemah dalam pertandingan persahabatan kami,” ucap Dollah.

Dollah Saleh menilai penting bagi FAM dan Malaysia menjaga momentum tetap dalam performa bagus hingga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

“Momentum harus kita jaga. Setelah sekian lama, kini saatnya kita kembali ke level seperti pada tahun 1980-an dan 1990-an. Kita menunjukkan peningkatan [di Piala Asia] dan jika kami bisa menantang Korea Selatan, kami juga bisa menantang negara Asia lain,” tutur Dollah.

[Gambas:Video CNN]

(sry/ptr)



Sumber: www.cnnindonesia.com