Fluminense vs Man City: Dominasi Klub Eropa Berlanjut?

Fluminense akan menantang Manchester City di final Piala Dunia Antarklub 2023. Klub-klub Eropa sudah lama mendominasi perburuan trofi Piala Dunia Antarklub.


Jakarta, CNN Indonesia

Fluminense akan menantang Manchester City di final Piala Dunia Antarklub 2023. Klub-klub Eropa sudah lama mendominasi perburuan trofi Piala Dunia Antarklub.

Sejak digelar dan jadi format Piala Dunia Antarklub pada tahun 2000, setelah sebelumnya Piala Interkontinental, Piala Dunia Antarklub kemudian lebih banyak didominasi klub-klub Eropa. Tercatat hanya ada empat klub Brasil yang keluar sebagai pemenang Piala Dunia Antarklub.

Empat klub tersebut adalah Corinthians (2000 dan 2012), Sao Paulo (2005), dan Internacional (2006). Selebihnya klub-klub Eropa yang selalu keluar sebagai pemenang.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Bahkan sejak Corinthians menjadi pemenang di edisi 2012, tidak ada lagi klub dari luar Eropa yang bisa mengangkat trofi Piala Dunia Antarklub.

Di edisi kali ini, Manchester City juga bakal lebih diunggulkan dibandingkan Fluminense. Man City punya materi pemain yang lebih gemerlap dan dikenal di level internasional.

Walaupun tidak bisa memainkan Erling Haaland dan Kevin De Bruyne, Man City masih punya Phil Foden, Julian Alvarez, Rodri, Bernardo Silva, Ruben Dias, hingga Ederson. Nama-nama itu bisa jadi jaminan kualitas Man City.

Namun Fluminense juga tak bisa diremehkan begitu saja. Pemain-pemain muda Fluminense tentu bakal berusaha unjuk gigi sekaligus membuat final Piala Dunia Antarklub sebagai arena pertunjukkan kemampuan mereka.

Tak sampai di situ, Fluminense juga diperkuat pemain-pemain veteran yang kaya pengalaman di Eropa. Marcelo, Filipe Melo, dan Ganso bakal membuat Fluminense punya sosok yang bisa menghadirkan ketenangan dan menghilangkan rasa inferior di hadapan wakil Eropa.

[Gambas:Video CNN]

(ptr/nva)



Sumber: www.cnnindonesia.com