Final Piala Asia 2023: Yordania vs Qatar

Timnas Qatar lolos ke final Piala Asia 2023 usai menang dramatis 3-2 atas Iran pada semifinal di Stadion Al Thumama, Rabu (7/2).


Jakarta, CNN Indonesia

Timnas Qatar lolos ke final Piala Asia 2023 usai menang dramatis 3-2 atas Iran pada semifinal di Stadion Al Thumama, Rabu (7/2).

Qatar unggul 2-1 atas Iran pada babak pertama. Usai tertinggal lewat gol cepat Sardar Azmoun (4′), Qatar membalas dengan dua gol Jassem Gaber (17′) dan Akram Afif (43′).

Babak kedua baru berjalan tiga menit, Iran mendapatkan penalti setelah tendangan Saeid Ezzatolahi mengenai tangan kiri Ahmed Fathy.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Wasit Ahmad Al Ali yang meninjau VAR memutuskan Iran sah mendapatkan penalti. Fathy pun diberikan kartu kuning atas pelanggaran handball.

Tendangan penalti diambil kapten Alireza Jahanbakhsh. Jahanbaksh tidak menyia-nyiakan kesempatan itu dengan mencetak gol penyeimbang 2-2 pada menit ke-51. Sepakan kaki kanan Jahanbakhsh menempatkan bola ke tengah gawang, tetapi kiper Meshaal Barsham bergerak ke sisi kanan.

Qatar langsung merespons gol Iran dengan baik. Pada menit ke-52 Qatar mendapatkan peluang gol lewat Yusuf Abdurisag. tetapi tembakan kaki kiri Yusuf dari dalam kotak penalti ditepis kiper Beiranvand.

Penyelamatan krusial dibuat kiper Barsham saat menepis sundulan Shoja Khalilzadeh yang memanfaatkan umpan silang Saman Ghoddos pada menit ke-73.

Iran terus menyerang Qatar pada menit ke-75. Dua ancaman serius dibuat Team Melli yang membuat Qatar tertekan.

Tendangan Azmoun dari dalam kotak penalti diblok Lucas Mendes, kemudian bola yang melambung disundul Mehdri Taremi. Namun sundulan Taremi yang tidak kencang bisa dihalau Boualem Khoukhi.

Terus ditekan Iran, Qatar membuat kejutan dengan kembali unggul pada menit ke-82 melalui tendangan kaki kanan Almoez Ali dari dalam kotak penalti.

Gol Almoez itu bermula dari tendangan spekulasi Abdulaziz Hatem dari luar kotak penalti. Bola yang disepak Abdulaziz mengarah ke Almoez dan bisa dikontrol dengan baik. Tanpa pikir panjang, dengan kaki kanan Almoez menempatkan bola ke pojok kanan bawah gawang Iran.

Pemain Iran melakukan protes atas gol itu karena menganggap Almoez dalam posisi offside. Tetapi wasit tidak menganggap Almoez offside.

Penderitaan Iran bertambah setelah bek tengah Shojae Khalilzadeh dikartu merah wasit. Khalilzadeh dianggap sebagai orang terakhir yang melanggar pergerakan Akram Afif. Mulanya Khalilzadeh diberikan kartu kuning, usai melihat VAR wasit langsung memberikan kartu merah.

Menariknya, meski bermain dengan 10 orang, Iran tetap bisa menyerang Qatar. Tembakan Jahanbakhsh dari luar kotak penalti pada menit ke-90+5 masih menyamping di sisi kiri gawang Qatar.

Qatar nyaris menambah keunggulan jadi 4-2 pada menit ke-90+12 jika tendangan kaki kanan Ismaeel Mohammad dari jarak dekat tidak diblok Saeid Ezatolahi.

Iran juga hampir menyamakan kedudukan pada menit ke-90+14 seandainya tendangan kaki kanan Jahanbakhsh dari dalam kotak penalti tidak membentur tiang kanan.

Kiper Meshaal Barsham membuat penyelamatan penting pada detik-detik akhir saat menepis peluang terakhir Iran. Tanpa tambahan gol pada sisa laga, Qatar menang 3-2 atas Iran.

Kemenangan itu mengantar Qatar ke final Piala Asia 2023 melawan Yordania di Stadion Lusail, Sabtu (10/2). 

Susunan Pemain Iran vs Qatar:

Iran: Beiranvand, Rezaeian, Kanani, Khalilzadeh, Hajisafi; Ezatolahi, Ebrahimi, Ghoddos, Jahanbakhsh, Taremi, Azmoun.

Qatar: Barsham, Pedro Miguel, Almahdi Ali, Lucas Mendes; Waad, Fathy, Gaber, Homam Ahmed, Abdurisag, Akram Afif, Almoez Ali.

(sry/ptr)



Sumber: www.cnnindonesia.com