Fajar/Rian Kalah Dramatis di Semifinal BWF World Tour Finals 2023

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto gagal melaju ke babak final BWF World Tour Finals 2023 setelah kalah dramatis dari Liang Wei Keng/Wang Chang.


Jakarta, CNN Indonesia

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto gagal melaju ke babak final BWF World Tour Finals 2023 setelah kalah dramatis atas Liang Wei Keng/Wang Chang 20-22, 21-12, 16-21 pada laga semifinal di Hangzhou Olympic Sports Expo Center, China, Sabtu (16/12).

Game pertama berlangsung ketat. Liang/Wang bermain agresif sejak poin pertama, sementara Fajar/Rian berusaha menjaga ritme permainan. Pertandingan terus berlngsung ketat hingga interval. Kesalahan servis Rian membuat Liang/Wang unggul tipis 11-10 saat interval.

Usai interval laga berlangsung menarik. Fajar/Rian unggul untuk kali pertama di posisi 12-11. Namun Liang/Wang yang mendapat dukungan penuh penonton tuan rumah berhasil berbalik unggul 14-12, sebelum skor kembali sama kuat 14-14.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sejumlah kesalahan yang dilakukan Fajri dalam melakukan servis dan permainan net kemudian membuat Liang/Wang unggul 18-16. Namun, kesalahan Wang dalam antisipasi bola keluar dari Fajar membuat pasangan Indonesia kembali menyamakan kedudukan 18-18.

Bermain di bawah tekanan penonton tuan rumah, Fajar/Rian tampil luar biasa di poin krusial dan sukses menyamakan kedudukan 20-20 setelah sempat tertinggal 19-20. Sayang, Fajar/Rian akhirnya kalah 20-22 di game pertama.

Poin penentu di game pertama ini adalah saat Fajar/Rian dianggap melakukan fault setelah bola pukulan Fajar mengenai kepala Rian sebelum masuk ke wilayah lawan untuk membawa Liang/Wang memimpin 21-20.

Di game kedua, Fajar/Rian berhasil mempertahankan momentum dengan unggul hingga 8-3. Keunggulan Fajri terus bertahan hingga interval 11-4. Liang/Wang seperti tidak memiliki jawaban atas permainan Fajar/Rian hingga akhirnya tertinggal 4-13.

Di sisa game kedua Fajar/Rian tinggal menjaga ritme permainan hingga menyamakan kedudukan 1-1 dengan keunggulan 21-12. Liang/Wang seperti melepas game kedua saat usai interval.

Di game penentuan, Liang/Wang kembali tancap gas dan bermain agresif hingga unggul 5-1. Sejumlah eror yang dilakukan Fajar/Rian di awal game ketiga membuat ganda putra tuan rumah memiliki keunggulan cukup nyaman hingga 9-3. Liang/Wang kemudian unggul 11-3 saat interval.

Usai interval dan perubahan posisi lapangan, Fajar/Rian bangkit dan meraih lima poin beruntun untuk mendekat 8-11. Liang/Wang terlihat gugup dan sering melakukan kesalahan hingga membuat Fajar/Rian mendekat 11-12.

Pertandingan semakin menegangkan bagi pendukung Indonesia setelah Liang/Wang menjauh 17-12, tapi Fajar/Rian mendekat 16-18. Namun di poin-poin krusial Fajar/Rian gagal mempertahankan penampilan hingga akhirnya kalah 16-21.

Indonesia masih berpeluang memiliki satu wakil di final BWF World Tour Finals 2023 lewat Jonatan Christie yang akan menghadapi Shi Yu Qi di babak semifinal malam ini.

[Gambas:Video CNN]

(har)



Sumber: www.cnnindonesia.com