Distribusi Gol Timnas Indonesia Era 4 Tahun STY: Winger Paling Tajam

Pada Desember 2023 ini Shin Tae Yong genap empat tahun menangani Timnas Indonesia. Berikut distribusi gol Timnas Indonesia di era STY.


Jakarta, CNN Indonesia

Pada Desember 2023 ini Shin Tae Yong genap empat tahun menangani Timnas Indonesia. Berikut distribusi gol Timnas di era STY.

Shin diperkenalkan sebagai Timnas Indonesia pada 28 Desember 2019. Pelatih asal Korea Selatan ini dikontrak PSSI dengan durasi empat tahun atau hingga Desember 2023.

Meski sudah menangani pemusatan latihan Timnas sejak Januari 2020, Shin Tae Yong baru menjalani debutnya bersama tim Garuda pada 2021 dikarenakan pandemi Covid. Tepatnya saat uji coba melawan Afghanistan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Adapun laga resmi Shin bersama Indonesia adalah melawan Thailand dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada Oktober 2021. Sebelum itu Shin lebih banyak menangani Indonesia U-20.

Selama empat tahun mengarsiteki tim Merah Putih, sebanyak 40 pertandingan dilakoni. Hasilnya 20 kali menang, 10 kali imbang, dan 10 kali kalah. Statistiknya 88 gol dan 55 kebobolan.

Dari 88 gol yang tercipta itu, merata diciptakan pemain depan hingga bertahan. Namun jika gol itu dibagi berdasarkan distribusi posisi, didominasi oleh winger atau pemain sayap.

Jumlah gol yang diciptakan winger mencapai 30. Selanjutnya adalah striker dan gelandang, yakni sama-sama 21 gol. Sisanya 13 gol dari pemain bertahan dan 3 bunuh diri lawan.

Lantas siapa yang tersubur di Timnas Indonesia era Shin Tae Yong?

Witan Sulaeman menjadi top skor sementara Timnas Indonesia dengan sembilan gol. Pada urutan kedua ada Egy Maulana Vikri dengan delapan gol.

Sedangkan striker tertajam sementara tim Merah Putih era kepelatihan Shin adalah Dimas Drajad dengan enam gol. Setelah itu ada Dendy Sulistyawan dengan lima gol.

Adapun gelandang yang paling sering mencetak gol adalah Evan Dimas dan Ricky Kambuaya. Keduanya sama-sama mencetak lima gol. Bedanya kini Evan tak dipanggil ke Timnas lagi.

Winger Timnas lainnya yang juga menyumbang gol untuk Timnas Indonesia adalah Irfan Jaya, Ramai Rumakiek, Saddil Ramdani, Yakob Sayuri, Adam Alis, dan Terens Puhiri.

Terakhir, pemain bertahan yang paling banyak mencetak gol adalah Rizky Ridho dan Pratama Arhan. Keduanya sama-sama mencetak tiga gol selama era kepelatihan Shin Tae Yong.

Dalam hal pencapaian, pelatih 53 tahun ini belum bisa menyumbang prestasi. Pencapaian terbaiknya hanya runner up Piala AFF 2020 (2021) dan lolos ke putaran final Piala Asia 2023 (2024).

Kini kontrak Shin diperpanjang enam bulan oleh PSSI. STY akan memimpin Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 dan fase kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 hingga Juni 2024.

Jika pencapaian Timnas Indonesia dalam dua ajang ini sesuai target, kemungkinan kontrak Shin Tae Yong akan diperpanjang. Jika tidak, kemungkinan akan diganti sosok lain.

Distribusi gol Timnas Indonesia era Shin Tae Yong

Striker: 21
Winger: 30
Gelandang: 21
Bertahan: 13
Bunuh diri: 3

[Gambas:Video CNN]

(abs/har)



Sumber: www.cnnindonesia.com