China Berkuasa, Satu Gelar di Tangan

China menempatkan lima wakil di babak final BWF World Tour Finals 2023. Mereka juga sudah memastikan satu gelar di tangan.


Jakarta, CNN Indonesia

China menempatkan lima wakil di babak final BWF World Tour Finals 2023. Mereka juga sudah memastikan satu gelar di tangan.

Wakil-wakil China tampil impresif di babak semifinal BWF World Tour Finals yang digelar pada Sabtu (15/12). Lima wakil berhasil lolos ke babak final yaitu Liang Weikeng/Chen Qingchen/Jia Yifan, Shi Yuqi, Feng Yanzhe/Huang Dongping, dan Zheng Siwei/Huang Yaqiong.

Dari deret nama-nama tersebut, China hanya gagal menempatkan wakil di nomor tunggal putri. Sedangkan Chima juga sudah dipastikan mendapat gelar di nomor ganda campuran seiring duel Feng/Huang vs Zheng/Huang di final nomor ganda campuran.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Walaupun menempatkan lima wakil di final, bukan berarti Tim Badminton China akan dengan mudah menempatkan dominasinya di partai puncak. Wakil-wakil China bakal menghadapi laga tangguh untuk merebut gelar juara.

Di nomor tunggal putri, Shi Yuqi akan menghadapi Viktor Axelsen. Walaupun kalah dalam rekor pertemuan dengan rekor 2-8, namun Shi Yuqi punya modal kemenangan di fase grup pada turnamen ini. Di fase grup, Shi Yuqi menang dengan skor 22-20, 21-17.

Pada nomor ganda putra, Liang/Wang bakal berhadapan dengan juara dunia 2023, Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae. Liang/Wang punya modal berharga berupa kemenangan di laga sebelumnya yang terjadi di semifinal India Open. Namun Kang/Seo terbukti bisa meredam tekanan penonton tuan rumah saat mengalahkan Liu Yuchen/Ou Xuanyi.

Sedangkan di nomor ganda putri, Chen/Jia akan menghadapi Baek Ha Na/Lee So Hee. Baek/Lee menunjukkan semangat juang yang luar biasa dalam kemenangan atas Chiharu Shida/Nami Matsuyama dalam duel selama dua jam di babak semifinal.

Satu-satunya partai final yang tak diisi oleh pemain China adalah duel Carolina Marin vs Tai Tzu Ying. Duel ini adalah laga klasik karena kedua pemain seringkali bertemu dalam satu dekade terakhir. Menariknya, kedua pemain berbagi angka sama, 11-11 dalam rekor pertemuan tersebut.

Susunan Final BWF World Tour Finals 2023

Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae vs Liang Weikeng/Wang Chang

Chen Qingchen/Jia Yifan vs Baek Ha Na/Lee So Hee

Tai Tzu Ying vs Carolina Marin

Feng Yanzhe/Huang Dongping vs Zheng Siwei/Huang Yaqiong

Shi Yuqi vs Viktor Axelsen

[Gambas:Video CNN]

(ptr)



Sumber: www.cnnindonesia.com