Catatan Jomplang Striker Lokal di Liga 1, Pertanda Buruk di Piala Asia

Shin Tae Yong mengaku puas dengan kinerja striker Timnas Indonesia saat menang 6-0 atas Brunei Darussalam dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026, Kamis (12/10).


Jakarta, CNN Indonesia

Timnas Indonesia akan tampil di Piala Asia 2023 (2024) dengan kondisi tak ada striker yang tampil menonjol di Liga 1 musim ini.

Hingga pekan ke-22 Liga 1, belum ada striker Indonesia yang mengoleksi 10 gol lebih. Daftar pemain tersubur sementara Liga 1 masih dikuasai pemain asing.

Top skor sementara Liga 1 adalah Gustavo Almeida dan David da Silva dengan 14 gol. Kemudian Junior Brandao dan Alex Martin dengan 12 gol, serta Flavio Silva dengan 11 gol.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Satu-satunya pemain Indonesia yang bersaing dalam perburuan gelar top skor hanya Stefano Lilipaly. Pemain Borneo FC ini sudah mengoleksi sembilan gol.

Barisan lini depan Indonesia lainnya yang lumayan subur adalah Ramadhan Sananta dan Dedik Setiawan. Dari kedua nama ini Dedik sedang moncer pada putaran kedua kompetisi.

Dedik melesakkan empat gol dalam lima laga terakhir. Ini berbeda dengan Sananta yang mencetak lima gol pada putaran pertama, dan baru satu gol di putaran kedua.

Untuk urusan menyumbang assist, Lilipaly kembali menjadi yang terbaik. Pemain berposisi gelandang serang atau second striker ini telah menyumbang sembilan assist untuk Borneo FC.

Di bawah Lilipaly ada Marc Klok dan Rizky Rizaldi Pora dengan sumbangan enam assist untuk Persib. Kemudian ada Witan Sulaeman yang menciptakan lima assist.

Ini seakan jadi pertanda buruk bagi Timnas Indonesia yang akan tampil di Piala Asia 2023. Persoalan lini depan ini bisa jadi persoalan serius di Grup D Piala Asia.

Pada fase awal kejuaraan edisi ke-18 ini Timnas akan bersaing dengan Jepang, Irak, dan Vietnam. Ini bukan grup yang mudah, sebab lawan punya barisan pertahanan yang solid.

Karenanya tak mengherankan jika Shin bertumpu pada pemain diaspora. Pemain seperti Saddil Ramdani dan Rafael Struick diharapkan bisa menjadi solusi di lini depan.

Daftar Top Skor Liga 1:
14 gol: David Da Silva, Gustavo Almeida
12 gol: Junior Brandao, Alex Martin
11 gol: Ciro Alves, Flavio Silva

Gol Pemain Indonesia di Liga 1:
9 gol: Stefano Lilipaly
6 gol: Ramadhan Sananta, Dedik Setiawan
5 gol: Ricky Cawor, M Khanafi, Yandi Sofyan Munawar, Malik Risaldi, Ilija Spasojevic

Daftar Top Assist Liga 1:
9 assist: Stefano Lilipaly, Alexis Messidoro
6 assist: Marc Klok, Taisei Marukawa, Matty Mier, Rizky Pora
5 assist: Ciro Alves, Renan Silva, Maciej Gajos, Jaja, Pedrinho, Moussa Sidibe, Witan Sulaeman, Ezequiel Vidal

[Gambas:Video CNN]

(abs/nva)



Sumber: www.cnnindonesia.com