Australia vs Indonesia di Babak 16 Besar Piala Asia 2023

Timnas Indonesia dipastikan akan menghadapi Australia pada babak 16 besar Piala Asia 2023 di Stadion Jassim bin Hamad, Minggu (28/1).


Jakarta, CNN Indonesia

Timnas Indonesia akhirnya berhasil mencetak sejarah lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Australia bakal jadi lawan yang bakal dihadapi skuad Garuda.

Kepastian Indonesia lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 ditentukan hasil duel Kirgistan vs Oman yang berakhir imbang 1-1 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Kamis (25/1) malam WIB.

Hasil imbang duel Kirgistan vs Oman pada laga terakhir Grup F menguntungkan Indonesia. Tim Merah Putih berhak lolos ke fase knock out lewat jalur peringkat ketiga terbaik.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pada laga tersebut, Oman sebenarnya lebih dulu unggul saat laga berusia delapan menit. Adalah Muhsen Al Ghassani yang jadi pemecah kebuntuan melalui kemelut di depan gawang Kirgistan.

Akan tetapi, Kirgistan mampu bangkit di babak kedua. Joel Kojo berhasil mengubah kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-80 memanfaatkan blunder dua pemain Oman.

Kiper Ibrahim Al Mukhaini dan salah satu pemain belakang, salah pengertian dalam perebutan duel bola atas. Keduanya bertabrakan dan membuat Kojo leluasa melepaskan bola ke gawang yang kosong.

Indonesia akhirnya finis di peringkat keempat klasemen akhir peringkat ketiga terbaik Piala Asia 2023 dengan raihan tiga poin.

Skuad arahan Shin Tae Yong menjadi satu-satunya tim empat besar yang mengemas tiga poin. Tiga tim lainnya, Yordania, Palestina, dan Suriah mengoleksi empat angka.

Lolos ke babak 16 besar menjadi sejarah baru bagi Indonesia. Tim Merah Putih untuk kali pertama lolos ke fase knock out di turnamen ini.

Selanjutnya, Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan selanjutnya akan menghadapi Australia di Stadion Jassim bin Hamad pada 28 Januari mendatang.

Perjuangan Indonesia tak ringan karena Australia lolos ke fase knock out dengan status juara Grup A. Socceroos berhasil meraup tujuh poin tanpa terkalahkan.

Jadwal Australia vs Indonesia di Babak 16 Besar Piala Asia 2023

28 Januari 2023 // Australia vs Indonesia // Stadion Jassim bin Hamad.

[Gambas:Video CNN]

(jal)




Sumber: www.cnnindonesia.com