Apa yang Terjadi jika Brasil Dibekukan FIFA?

Apa yang akan terjadi jika Federasi Sepak Bola Brasil (CBF) benar-benar dibekukan FIFA karena campur tangan pemerintah Brasil?


Jakarta, CNN Indonesia

Apa yang akan terjadi jika Federasi Sepak Bola Brasil (CBF) benar-benar dibekukan FIFA karena campur tangan pemerintah Brasil?

FIFA sudah mengeluarkan ancaman kepada CBF untuk membekukan sepak bola Brasil. Ancaman itu muncul setelah Pengadilan Rio de Janeiro mencopot Ednaldo Rodrigues dari jabatan Presiden CBF periode 2022-2026.

“Jika CBF pada akhirnya dibekukan oleh badan FIFA terkait, CBF akan kehilangan semua hak keanggotaannya dengan segera dan sampai skorsing tersebut dicabut oleh FIFA. Ini juga berarti perwakilan CBF dan tim klub tidak lagi berhak mengambil bagian dalam kompetisi internasional apa pun selama dibekukan,” tulis FIFA kepada CBF.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ancaman pembekuan dari FIFA bukanlah isapan jempol belaka. FIFA tidak bisa menoleransi campur tangan pemerintah terhadap anggota federasinya. Indonesia pernah merasakan hal itu saat dibekukan FIFA paad 2015 hingga 2016.

Apa yang terjadi dengan sepak bola Brasil jika CBF dibekukan FIFA?

Satu yang pasti, Brasil akan dikucilkan di dunia sepak bola internasional. Seluruh tim nasional Brasil, baik putra dan putri, mulai dari tim senior hingga kelompok umur, tidak bisa bermain di pertandingan internasional.

Bahkan untuk sekadar menjalani laga persahabatan, Brasil tidak akan bisa melakukannya. Federasi-federasi negara lain dilarang FIFA untuk melakukan kegiatan dengn federasi yang sedang dibekukan.

Bagi timnas Brasil, maka Selecao tidak akan bisa bermain di Copa America 2024 yang dijadwalkan berlangsung di Amerika Serikat pada Juni-Juli 2024.

Tiga laga persahabatan yang sudah diatur CBF untuk timnas Brasil: lawan Inggris (23 Maret), lawan Spanyol (26 Maret), dan lawan Meksiko (8 Juni) dipastikan tidak akan batal digelar.

Lebih parahnya lagi, timnas Brasil terancam tidak bisa bermain di Piala Dunia 2026. Jika CBF dibekukan FIFA sepanjang 2024, maka Brasil hampir tidak akan bisa bermain di enam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Conmebol. Brasil saat ini ada di posisi enam klasemen kualifikasi dengan tujuh poin.

Klub-klub Brasil juga tidak akan bisa berlaga di kompetisi internasional, seperti Copa Libertadores atau Piala Dunia Antarklub FIFA.

Selain itu Brasil juga tidak akan bisa mencalonkan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia Wanita 2027. Peluang timnas Brasil untuk merekrut Carlo Ancelotti sebagai pelatih baru juga hampir pasti gagal.

[Gambas:Video CNN]

(har)



Sumber: www.cnnindonesia.com