Apa Posisi Ideal Justin Hubner di Timnas Indonesia?

Setelah resmi jadi WNI, Justin Hubner, tak sabar membela Timnas Indonesia untuk menghadapi Jepang dan Vietnam di Piala Asia 2023.


Jakarta, CNN Indonesia

Justin Hubner sudah bisa membela Timnas Indonesia dan punya peluang masuk skuad Piala Asia 2023 (2024). Di posisi apa ia akan bermain?

Hubner dipastikan bisa membela Timnas Indonesia setelah perpindahan federasinya, dari Belanda (KNVB) ke Indonesia (PSSI) diterima FIFA pada 13 Desember 2023.

Nama Hubner juga masuk dalam daftar 50 pemain yang didaftarkan PSSI ke AFC untuk Piala Asia 2023. Akankah nama Hubner masuk 23 daftar skuad final Piala Asia 2023?


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Yang pasti peluang Hubner bergabung dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia di Turki kurang besar. Ini karena jadwal kompetisi di Inggris sedang padat.

Wolverhampton Wanderers, klub yang dibela Hubner, masih bertanding hingga awal Januari. Jika dipanggil, Hubner baru bisa bergabung setelah 6 Januari atau saat FIFA Matchday.

Hubner berposisi asli bek tengah. Musim ini Hubner sudah tampil sembilan kali di Premier League 2 [kompetisi yang diperuntukkan untuk pemain muda] dan mencetak tiga gol. Ia pun berpeluang promosi ke tim utama Wolverhampton.

Masalahnya saat ini di Timnas Indonesia sudah ada bek-bek tangguh kepercayaan Shin Tae Yong. Otomatis Hubner akan bersaing dengan Rizky Ridho, Jordi Amat, dan Elkan Baggott.

Namun peluang Hubner bersaing dengan Ridho, Jordi, dan Baggott cukup terbuka. Dalam formasi tiga bek andalan Shin, Hubner berpeluang menggantikan Jordi atau Baggott.

Jika tidak ditempatkan sebagai bek tengah, ada peluang Hubner main sebagai gelandang. Dalam beberapa laga terakhir Timnas, Shin sedang mencari gelandang tangguh.

Buktinya Shin sempat menjadikan Sandy Walsh di posisi ini, namun kurang memuaskan. Menghadapi tim tangguh seperti Jepang dan Irak di Piala Asia 2023, dibutuhkan gelandang kuat.

Untuk posisi ini Hubner akan bersaing dengan Marc Klok atau Rachmat Irianto. Dua pemain ini secara bergantian atau malah bersamaan, jadi pilihan Shin mengisi lini tengah.

Adapun peran bek sayap atau winger, kecil kemungkinan diberikan kepada Hubner. Ini karena Hubner tak biasa mengisi pos tersebut dan pilihannya sudah melimpah.

Lantas, posisi apa yang akan dimainkan Hubner di Timnas Indonesia? Shin niscaya sudah punya gambaran dan biasanya tak terduga, tetapi tak akan jauh dari bek tengah atau gelandang.

[Gambas:Video CNN]

(abs/ptr)



Sumber: www.cnnindonesia.com