Akun AFC Diserang Netizen Imbas Gol Kontroversi Irak ke Indonesia

Akun media sosial Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) menjadi sasaran amukan netizen usai Timnas Indonesia kalah 1-3 dari Irak di Piala Asia 2023, Senin (15/1).


Jakarta, CNN Indonesia

Akun media sosial Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) menjadi sasaran amukan netizen setelah Timnas Indonesia kalah 1-3 dari Irak di Piala Asia 2023, Senin (15/1). Hal ini tak lain gara-gara gol kontroversial Irak lawan Indonesia.

Irak menang berkat gol Mohanad Ali pada menit ke-17, Osama RAshid (45+7′), dan Aymen Hussein (75′). Sementara Indonesia mencetak satu gol melalui Marselino Ferdinan (37′).

Gol Osama Rashid pada pengujung babak pertama itu jadi sorotan penggemar sepak bola lantaran memiliki kontroversi berbau offside.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sebelum gol terjadi, Ali Adnan melepaskan umpan silang dari sisi kiri. Bola kemudian disambar Rashid dan disundul Mohanad Adnan sebelum ditepis kiper Ernando.

Sampai akhirnya Ali Jasim melepaskan tembakan kaki kiri yang gagal ditepis sempurna oleh Ernando. Bola liat disambar Rashid jadi gol.

Momen tersebut jadi sorotan netizen yang menganggap gol Rashid tidak sah. Wasit asal Uzbekistan Tantashev Ilgiz sempat meninjau VAR, namun tetap mengesahkan gol itu yang membuat Indonesia tertinggal 1-2 di babak pertama.

Tidak terima dengan keputusan wasit, netizen ramai-ramai menyerbu akun resmi Instagram maupun Twitter AFC.

“Iraq and AFC Mafia,” tulis salah satu netizen.

“Indonesia vs VAR,” ucap netizen lain.

“Offside bruh. Come on lah.”

“VAR-nya gak berguna.”

Ada juga yang menganggap Indonesia ‘kemalingan’ lantaran gol Osama Rashid tidak semestinya disahkan.

“Dicuri oleh wasit buta.”

“Offside gol untuk Irak, gol kedua haram.”

[Gambas:Video CNN]

(sry/rhr)




Sumber: www.cnnindonesia.com