7 Perang Saudara di BWF World Tour Finals 2023

Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri berhasil mengalahkan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan lolos ke final Denmark Open 2023.
Jakarta, CNN Indonesia

Tiap negara maksimal mengirimkan dua wakil ke ajang BWF World Tour Finals 2023. Namun dalam edisi kali ini ada tujuh duel pemain dari satu negara yang terjadi.

BWF World Tour Finals adalah turnamen elite yang diikuti oleh delapan pebulutangkis dengan poin tertinggi di tahun 2023 dan juga pemain yang punya titel juara dunia. Dalam turnamen yang sarat gengsi tersebut, tiap negara hanya bisa mengirimkan dua wakil.

Namun berdasarkan drawing yang dilakukan dalam acara gala dinner, Senin (11/12), ada lima perang saudara yang terjadi di BWF World Tour Finals 2023. Kelima duel tersebut akan digelar di hari pertama BWF World Tour Finals, Rabu (13/12).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berikut tujuh perang saudara yang terjadi di BWF World Tour Finals 2023:

1. An Se Young vs Kim Ga Eun

An Se Young jadi pebulutangkis paling mengkilap pada nomor tunggal putri di 2023. Sektor tunggal putri yang sebelumnya memiliki persaingan ketat bisa didominasi oleh An Se Young dengan luar biasa di tahun ini.

Di balik pesona An Se Young, Kim Ga Eun juga mampu tampil cukup bagus di tahun ini. Ia finis di peringkat 11 ranking BWF World Tour Finals dan berhasil masuk ke BWF World Tour Finals. Hal itu lantaran ada dua pemain China yaitu Han Yue dan He Bingjiao yang tak bisa masuk karena terbentur batas maksimal wakil sebuah negara dan juga karena Akane Yamaguchi tak bisa tampil lantaran cedera.

An Se Young dan Kim Ga Eun sama-sama tergabung di grup A. Dari rekor pertemuan, An Se Young unggul tipis 4-3 atas Kim Ga Eun.




An Se Young tampil gemilang di tahun 2023. (AFP/ADEK BERRY)

2. Chen Yufei vs Han Yue

Perang saudara lainnya di nomor tunggal putri terjadi antara sesama wakil China. Chen Yufei dan Han Yue berada di grup B.

Tampil sebagai perwakilan tuan rumah, Chen Yufei dan Han Yue tentu bakal berusaha keras mengukir prestasi terbaik. Laga perdana akan jadi titik awal upaya mereka mengejar ambisi juara.

Dari rekor pertemuan, Chen Yufei tak terkalahkan dalam enam laga lawan Han Yue.

3. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri

Perang saudara di BWF World Tour Finals juga melibatkan wakil Indonesia. Dua harapan Indonesia yaitu Fajar/Rian dan Bagas/Fikri berada di grup yang sama.

Keduanya bakal bertempur di pertandingan pertama dan sama-sama berambisi meraih kemenangan untuk modal menghadapi dua laga berikutnya. Grup B tempat Fajar/Rian dan Bagas/Fikri bernaung terbilang berat karena juga berisikan juara dunia Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae dan ganda veteran Denmark yang kembali on fire, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen.

Dari rekor pertemuan, Fajar/Rian memenangkan lima laga dalam total tujuh duel yang terjadi lawan Bagas/Fikri. Namun Bagas/Fikri keluar sebagai pemenang dalam pertemuan terakhir.

Baca lanjutan berita ini di halaman berikut >>>




Sumber: www.cnnindonesia.com