3 Skenario Indonesia Lolos Babak 16 Besar Piala Asia 2023

Berikut skenario Timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 meski harus menghadapi Jepang di laga pamungkas Grup D.


Jakarta, CNN Indonesia

Berikut skenario Timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 meski harus menghadapi Jepang di laga pamungkas Grup D.

Timnas Indonesia akan menjalani laga hidup mati melawan Jepang di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Rabu (24/1). Kickoff pertandingan Jepang vs Indonesia berlangsung pukul 18.30 WIB.

Jepang dan Indonesia saat ini sama-sama mengemas tiga poin. Namun, Jepang berhak menempati posisi kedua karena unggul produktivitas gol dan Indonesia di peringkat ketiga.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Adapun puncak klasemen Grup D dikuasai Irak yang berhasil meraup dua kemenangan beruntun, yakni menang atas Indonesia dan Jepang.

Baik Jepang dan Indonesia sudah tidak bisa menjadi grup. Masing-masing tim hanya bisa lolos ke babak berikutnya melalui pos runner up dan peringkat tiga terbaik.

Saat ini sudah ada dua tim yang dipastikan lolos lewat jalur peringkat tiga terbaik. Mereka adalah Palestina dan Suriah.

Palestina berhak menghuni puncak klasemen sementara peringkat tiga terbaik dengan koleksi empat poin. Palestina unggul produktivitas gol dari Suriah yang ada di peringkat kedua.

Kini tinggal dua tiket tersisa yang akan diperebutkan tiga tim dari tiga grup berbeda, yaitu Indonesia, Bahrain, dan Oman.

Bahrain dan Indonesia saat ini berada di urutan ketiga dan keempat dengan perolehan tiga poin. Bahrain unggul soal disiplin atau kartu kuning lebih sedikit dari Indonesia.

Menang Lawan Jepang

Kemenangan atas Vietnam menjaga asa Indonesia untuk lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Raihan tiga poin cukup untuk menjadi modal melawan Jepang.

Indonesia dipastikan finis sebagai runner up jika berhasil mengalahkan Jepang. Hasil ini akan membuat skuad arahan Shin Tae Yong akan menjadi pendamping Irak di babak 16 besar.

Jepang vs Indonesia Imbang

Jepang otomatis jadi runner up sekalipun bermain imbang lawan Indonesia. Jika imbang lawan Jepang, maka Indonesia harus menatap peluang lewat persaingan peringkat tiga terbaik.

Indonesia bisa tetap berada di posisi keempat jika Bahrain bermain imbang lawan Malaysia. Selain itu Duel Oman vs Kirgistan juga berakhir draw.

Indonesia Kalah dari Jepang

Indonesia masih punya kans lolos jika hanya kalah tipis dari Jepang. Sementara di tempat terpisah Oman menelan kekalahan dari Kirgistan.

[Gambas:Video CNN]




Sumber: www.cnnindonesia.com